Kota di Italia Ini Hanya Izinkan Kembang Api Tanpa Suara, Apa Alasannya?

1531526421762
  • share line
  • share bbm
Kota di Italia Ini Hanya Izinkan Kembang Api Tanpa Suara, Apa Alasannya?

Suara ledakan kembang api tidak hanya mengejutkan manusia, tetapi juga hewan. Sebuah kota di Italia membuat peraturan khusus yang melarang warganya menyalakan kembang api bersuara bising agar tidak mengganggu hewan.

Peraturan ini dapat ditemukan di kota Collecchio, provinsi Parma, Italia. Pemerintah setempat memperbolehkan warganya menyalakan kembang api, asalkan tidak bersuara. Ya, rupanya ada jenis kembang api khusus yang tidak disertai suara ledakan yang membuat jantung nyaris copot.

Baca juga: 

5 Tempat Terbaik Menikmati Pesta Kembang Api

Salah satu produsen kembang api ini ialah Setti Fireworks, perusahaan asal Italia yang didirikan Fransesci Setti dan Fabio Palazzi. Dalam situs resminya disebutkan, perusahaan ini menyediakan beraneka jenis kembang api untuk keperluan perayaan dan hiburan, termasuk salah satunya kembang api tanpa suara bising. Memang, kembang api ini tidak 100 persen tanpa suara, namun suaranya minim sekali sehingga tidak membuat kaget.

Kembang api dapat menyebabkan hewan ketakutan dan panik (Sumber; The Spruce)

Dikutip dari laman WestSoundWildfire, sejumlah penelitian menyebutkan efek suara ledakan kembang api mampu membuat hewan peliharaan menjadi panik dan stres. Rasa takut ini berisiko membuat hewan kabur dan berlarian ke jalan, sehingga membahayakan baik bagi hewan maupun manusia. Khususnya di malam tahun baru, di beberapa negara tercatat sejumlah kasus kecelakaan mobil akibat menabrak rusa yang kabur dari hutan ke jalan raya. Begitu pula dengan laporan kasus kehilangan anjing peliharaan yang kabur dari rumah setelah mendengar ledakan kembang api.

Baca juga: 

Dilarang Minum-minum di Malam Tahun Baru, Warga New Zealand Bangun Pulau Mungil untuk Tempat Nongkrong

Kepanikan yang dirasakan hewan kerap disertai dengan disorientasi, dimana hewan kesulitan mencari jalan pulang. Inilah yang membuat kasus kehilangan hewan di malam tahun baru cukup sulit untuk dituntaskan.

Dampingi dan tenangkan hewan agar tidak panik saat ada kembang api (Sumber: Rover)

Salah satu cara untuk mencegah hewan kabur saat pesta kembang api yakni memasukkan hewan ke dalam rumah dan memastikan seluruh pintu dan jendela terkunci. Lebih baik lagi jika hewan terus didampingi dan ditenangkan agar kepanikannya cepat mereda.

Namun sepertinya, akan lebih baik lagi jika peraturan kembang api bebas bising seperti di Italia bisa diterapkan juga di negara lain, seperti Indonesia.

(Sumber cover: Huffington Post)

Tag:
italia, kembang api, hewan peliharaan, anjing, kucing, tahun baru
  • share line
  • share bbm
heart 1 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK