Kapan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua Berlangsung?

1487239201373
  • Share
Kapan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua Berlangsung?

Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) 2017 serentak di 101 daerah baru saja berlangsung kemarin. Meski di beberapa daerah masih tampak ada masalah dan kendala, tapi secara umum pilkada serentak ini berlangsung aman dan damai.

Salah satu pilkada yang paling menarik perhatian adalah DKI Jakarta. Dari hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survei, pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat berada di posisi pertama, Anies Baswedan-Sandiaga Uno di posisi kedua, dan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni ada di posisi ketiga. Namun dari ketiga pasang calon ini tidak ada yang mencapai angka minimal 50% + 1 suara. Padahal syarat agar cagub-cawagub DKI Jakarta lolos satu putaran adalah memperoleh minimal 50% plus satu suara. Meski rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPUD DKI Jakarta belum selesai, dapat diperkirakan pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua putaran.

Lalu kapan pilkada DKI putaran kedua berlangsung? Masih dua bulan lagi, tepatnya 19 April 2017.

Ini karena kita masih harus menunggu penetapan hasil perolehan suara pilkada putaran pertama pada 4 Maret 2017. KPUD DKI akan menetapkan apakah pilkada DKI 2017 berlangsung satu atau dua putaran—jika tidak ada gugatan hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah itu, proses selanjutnya adalah rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT), sosialisasi, penajaman visi dan misi kandidat, dan pemungutan suara pada 19 April 2017. Rekapitulasi perolehan suara pilkada putaran kedua akan berlangsung hingga 1 Mei dan penetapan pasangan calon terpilih akan diumumkan pada 5 atau 6 Mei 2017.

Artikel terkait
- Kata Cagub-Cawagub DKI Jakarta Tentang Program Untuk Perempuan
- Reaksi Netizen di Twitter Saat Debat Final Pilkada DKI
- 10 Celotehan Unik Di Debat Final Pilkada DKI

Namun bila dari hasil pilkada putaran pertama ada gugatan ke MK, maka tanggal pemungutan suara pilkada DKI putaran kedua akan disesuaikan.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada masa kampanye lagi bagi pasangan cagub-cawagub DKI pada pilkada putaran kedua ini, hanya ada penajaman visi dan misi melalui debat kandidat.

Mumpung waktunya masih cukup panjang, jika kemarin Anda tak bisa mencoblos karena masalah teknis, cek kembali nama Anda di situs resmi KPU. Jika nama Anda tak terdaftar, Anda bisa membawa e-KTP. Bila tidak punya e-KTP, segera urus surat keterangan dari dinas kependudukan dan catatan sipil setempat.

Tag:
pilkada, DKI, Jakarta, dki, jadwal, putaran, tahapan, pilgub, kpud, jakarta, ahok, djarot, Basuki, Tjahaja, Purnama, Djarot, Saiful, Hidayat, Anies, Baswedan, Sandiaga, Uno, Agus, Yudhoyono, Sylviana, Murni, pilkada
  • Share
2 People liked this
LIKE
BOOKMARK