Joe Biden Menangis Saat Menerima Medali Kehormatan Dari Obama

1484292600758
  • Share
Joe Biden Menangis Saat Menerima Medali Kehormatan Dari Obama

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menitikkan air mata saat menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden AS Barack Obama. Penghargaan itu merupakan kehormatan sipil tertinggi Amerika dan diberikan dalam acara kejutan di Gedung Putih.

Artikel terkait: 

Bromance Antara Obama & Biden
Obama Ucapkan Terima Kasih Pada 5 Orang Ini
Obama Minta Warga AS Jaga Perdamaian Dalam Pidato Perpisahannya

Sebelum pemberian medali, Presiden Obama sempat memberikan sambutan. Dia memuji Biden sebagai Wakil Presiden terbaik yang pernah dimiliki Amerika. Di akhir sambutannya, Obama mengejutkan Biden dengan mengumumkan penganugerahan medali perdamaian untuknya.

"Mengenal Joe Biden adalah mengenal cinta tanpa kepura-puraan, melayani dengan tulus, dan menjalani hidup sepenuhnya. Saya bangga memberikan medali kehormatan kepresidenan untuk saudara saya Josef R. Biden Jr.," kata Obama.

Biden tak bisa membendung air matanya selama Presiden Obama membacakan pengumuman itu. Saat dia berbicara di podium untuk menyampaikan ucapan terima kasih, matanya terlihat berkaca-kaca.

"Saya tidak punya firasat akan menerima penghargaan ini," kata Biden sesaat setelah mengambil podium. "Saya tidak pantas menerima ini, tapi saya tahu ini datang dari hati presiden," tambahnya.

Obama-Biden bromance (sumber: harpers bazaar)

"Bapak Presiden, saya berutang pada Anda. Saya berutang budi untuk persahabatan Anda. Saya berutang budi pada keluarga Anda. Selama saya masih bernapas, saya akan berada di sana untuk Anda, keluarga saya juga," katanya.

Obama memberikan penghargaan seumur hidup pada Biden atas pelayanan publik termasuk 10 tahun di senat dan delapan tahun sebagai wakil presiden. Selain itu juga perjuangan Biden memerangi kekerasan terhadap perempuan, pelayanan terhadap penderita kanker, serta kampanye memerangi kekerasan seksual di kampus-kampus. 

Medali ini sangat eksklusif dan Biden adalah orang keempat yang menerimanya. Tiga orang yang pernah menerima penghargaan ini sebelumnya adalah Paus Yohanes Paulus II, mantan presiden Ronald Reagan, dan mantan menteri luar negeri Colin Powel.

sumber cover: NBC news

 

Tag:
Joe, Biden, Medali, Kehormatan, Obama, president, barack, bromance, world
  • Share
2 People liked this
LIKE
BOOKMARK