Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

Apa Itu Rush Money?

2016-11-29 19:00:01.133394

¯¯¯¯¯

Beberapa waktu belakangan ini kita sering mendengar ajakan untuk melakukan rush money. Ajakan tersebut disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah saat ini.

Apa, sih, yang dimaksud dengan rush money? Sebenarnya istilah ini tidak ada dalam dunia ekonomi. Istilah rush money yang beredar saat ini dibuat untuk mendefinisikan gerakan mengambil uang dalam jumlah besar secara serentak. Jika sebagian besar masyarakat melakukan hal ini, maka stabilitas ekonomi negara bisa terguncang. Penyebabnya karena ketersediaan uang tunai berkurang dan tak ada lagi kepercayaan pada dunia perbankan. Hal ini tentu juga akan berdampak pada kehidupan sosial karena menimbulkan kekacauan dan keresahan pada masyarakat.

Jelas saja ajakan ini tidak berdasar. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan kalangan yang akan langsung merasakan efek buruk rush money adalah warga kelas menengah ke bawah atau warga miskin. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak terpengaruh dengan ajakan sesat tersebut. Sri Mulyani juga menyatakan bahwa uang milik masyarakat yang ada di bank dijamin oleh pemerintah sehingga Anda tak perlu khawatir.

Jadi, jika Anda mendapat ajakan untuk melakukan rush money baik dari media sosial maupun pesan berantai di messenger, sebaiknya abaikan dan jangan menyebarkannya kembali. Tak hanya menyesatkan, penyebar isu rush money juga bisa terkena hukuman pidana karena dianggap melakukan suatu ancaman terhadap masyarakat.   
 

  •   0
  •   0
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download