7 Fakta Tentang World Emoji Day
World

7 Fakta Tentang World Emoji Day

Suka atau tidak, saat ini percakapan manusia banyak terjadi di dunia digital, termasuk di dalamnya penggunaan emoji. Yes, wajah kartun dengan beragam ekspresi, perempuan bergaun merah menari Flamenco, sepasang telapak tangan bertepuk, hingga bentuk kotoran BAB sudah menjadi bagian percakapan digital harian. Saking seringnya digunakan, bahkan kini ada peringatan World Emoji Day. 

Apa, bagaimana, dan kapankah World Emoji Day? Bagaimana pula perkembangan emoji saat ini?

1. Kapan diperingati World Emoji Day?
World Emoji Day diperingati setiap tanggal 17 Juli sejak tahun 2014. Alasannya, di beberapa platform pesan singkat, emoji kalender menunjukkan tanggal 17 Juli. 

Salah satunya Duchess of Cornwall, Camilla Parker Bowles. (Sumber: Worldemojiday.com)

2. Siapa yang mencetuskan World Emoji Day?
Situs worldemojiday.com mencantumkan, Jeremy Burge adalah pencetus World Emoji Day. Burge juga merupakan pendiri Emojipedia, lembaga yang menciptakan situs khusus tentang definisi, perkembangan, perubahan, pertambahan, dan segala hal terkait emoji. 

World Emoji Day sudah masuk ketiga, nih. (Sumber: Facebook World Emoji Day)

3. Saat ini tepatnya ada 2.666 emoji yang resmi
Unicode Consortium, lembaga yang mengatur seputar emoji tahun ini meresmikan banyak sekali emoji. Di tahun 2015 hanya ada sekitar 722, dan tahun ini ada 2.666 gambar resmi emoji. 

Siapa yang tidak pakai emoji? (Sumber; Facebook World Emoji Day)

4. Emoji pertama kali diciptakan pada tahun 1999, namun baru diadopsi di tahun 2011
Orang berkebangsaan Jepang, Shigetaka Kurita adalah orang pertama yang menggunakan gambar ekspresi sebagai bahasa universal dalam persiapan pembuatan sistem mobile internet NTT Docomo. 

Neil Patrick Harris dan botol Pepsi bergambar emojinya. (Sumber: Facebook World Emoji Day)

5. Miliaran emoji digunakan setiap harinya
Facebook mendata, ada sekitar 60 juta emoji digunakan setiap harinya di Facebook. Lebih dari 5 miliar digunakan di Facebook Messenger. Ini belum lagi yang tak terhitung di aplikasi perbincangan digital seperti WhatsApp dan sebagainya. 

Mana favorit Anda? (Sumber: Giphy)

6. Emoji paling banyak digunakan
Di dunia, emoji tertawa sampai menangis adalah yang paling banyak digunakan di media sosial Twitter dan Facebook. Saking populernya, sudah tiga tahun berturut-turut posisi ini diduduki emoji tersebut. Diikuti oleh Smiling Face With Heart-Shaped Eyes dan Face Throwing a Kiss.

Emoji yang paling banyak digunakan di Facebook oleh para pengguna Indonesia selama 30 hari terakhir adalah emoji tertawa terbahak-bahak (Rolling on the Floor Laughing). Emoji yang paling banyak digunakan di messenger oleh para pengguna Indonesia adalah emoji tertawa (Laugh). 

Ini favorit Anda jugakah? (Sumber: Facebook Indonesia)

7. Emoji request
Emojipedia juga mendata permintaan emoji dari seluruh dunia. Jenis emoji paling banyak diminta adalah simbol orang dengan rambut afro, bagel, gestur tangan membentuk hati, orang botak, kopi dalam gelas kertas, dan koki dengan gestur mulut mencium. 

Kiss, kiss. (Sumber: Giphy)

Nah, mana emoji favorit Anda? Tunjukkan di kolom komentar, yuk! 

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )