Video: Cumbu Iin: Resep Disayang Suami

1541783748404
  • share line
  • share bbm
Video: Cumbu Iin: Resep Disayang Suami

Punya suami yang penyayang dan setia, istri mana yang tak mau? Menurut banyak nasihat—dari orangtua atau beberapa artikel di majalah—salah satu cara untuk memikat hati suami (selain dengan seks yang menggelora) adalah dengan memasak makanan untuk mereka. Hmm, benar enggak, ya, pernyataan ini? Yuk, nonton video Cumbu Iin berikut ini dulu...

Nah, berikut dua buah resep menu dessertMochi Brulee dan Violet—yang saya (Iin) pelajari langsung dari chef Grace Dharmawan saat mengikuti kelas memasak di Jakarta Culinary Feastival 2018! 

Mochi Brulee
Bahan-bahan dan persiapan untuk membuat dessert ini cukup banyak sebetulnya. Kita harus membuat 3 bahan utamanya terlebih dahulu, yaitu granola, vanilla brulee, dan mochi. Tapi percayalah, usaha yang dikeluarkan akan sangat sepadan dengan rasa dan penampilan yang didapat.

Granola
Bahan:
60gr oatmeal
10gr almond
7gr irisan kelapa kering
10gr brown sugar
2,5gr black sesame
5gr white sesame
5gr kismis
1,5gr flax seed
1gr garam
5gr pumpkin seed
10gr madu
5gr minyak sayur
10gr corn flakes

Cara membuat: 
Campur semua bahan (kecuali irisan kelapa kering), lalu tuang ke atas loyang datar dan ratakan. Panggang di dalam oven hingga matang, selama 30 menit dengan suhu 180 derajat celsius. Untuk irisan kelapa kering, cukup dipanggang selama 10 menit. 

Vanilla Brulee
Bahan:
108gr cream
21gr kuning telur
12gr gula halus
1,5gr ekstrak vanili

Cara membuat:
Panaskan cream dan telur pada panci dengan api kecil hingga mendidih. Pada wadah lain, campur ekstrak vanili dan gula hingga rata, lalu masukkan campuran cream dan telur ke dalamnya. Saring saat masih panas, dan segera masukkan ke dalam cetakan. Setelah mendingin, simpan di dalam kulkas, lalu diamkan selama 6 jam.  

Mochi
Bahan:
57gr tepung beras
27gr gula pasir
45gr air
Tepung maizena secukupnya

Cara membuat:
Campur tepung beras, gula, dan air hingga rata pada mangkuk. Panaskan di dalam microwave selama 20 detik, sebanyak 3 kali (total 60 detik)—tiap selesai dipanaskan, keluarkan, aduk rata dengan sendok. Terakhir, pipihkan adonan mochi (ketebalan +/- 0,5cm) pada wadah yang telah dilapisi tepung maizena, lalu diamkan selama setengah jam.

Cara menyajikan Mochi Brulee:
1. Cetak mochi sesuai bentuk yang diinginkan (kotak, persegi, atau segitiga) menggunakan pisau, lalu letakkan di atas piring saji.
2. Taburkan gula pasir di atas mochi, lalu bakar dengan torch.Letakkan vanilla brulee, tambahkan irisan kelapa kering sebagai hiasan. 
3. Tabur granola pada piring saji—komposisikan sesuka hati.



Violet
Yup, cukup ribet juga menyiapkan dessert yang satu ini, karena kita harus menyiapkan 4 bahan utamanya terlebih dahulu, yaitu cardamom panna cotta, blue pea granita, blackberry sable, dan blackberry compote. Tapi percaya saya sekali lagi, rasanya sungguh nikmat dan segar! 

Cardamom Panna Cotta
Bahan:
95gr susu
108gr cream
60gr gula
3,5gr gelatin
6 biji cardamom

Cara membuat: 
Panaskan cream dan gula di atas panci dengan api kecil hingga sedikit mendidih. Pada wadah lain, aduk rata gelatin dan susu, dan memarkan biji-biji cardamom. Masukkan bahan-bahan ini ke dalam adonan krim dan gula, lalu kembali panaskan dengan api kecil hingga sedikit mendidih. Matikan api, lalu segera masukkan ke dalam cetakan. Setelah mendingin, simpan di dalam freezer selama 1-2 jam.  

Blue Pea Granita
Bahan:
300gr air
8 kuntum bunga telang
54gr gula

Cara membuat: 
Campur semua bahan, lalu panaskan di atas panci dengan api kecil, dan aduk hingga rata. Setelah mendingin, simpan di dalam freezer hingga beku menjadi bongkahan es batu, lalu serut es saat mau dihidangkan.

Blackberry Sable
Bahan:
127gr butter
80gr gula halus
60gr telur
180gr tepung terigu
45gr tepung maizena
1gr garam
50gr pure blackberry

Cara membuat:
Kocok butter, gula halus, dan garam hingga lembut. Masukkan telur dan pure blackberry, kocok hingga rata. Terakhir, masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak, lalu kembali aduk hingga rata. Terakhir, bungkus adonan ini dengan plastic wrap, diamkan di dalam kulkas selama 1 jam, lalu cetak bulat pipih dengan bolongan di tengah. Setelah itu, panggang di dalam oven selama 20 menit dengan suhu 150 derajat celsius.

Blackberry Compote
Bahan: 
100gr blackberry beku
20gr gula

Cara membuat:
Campur blackberry dengan gula hingga rata.

Cara menyajikan Violet:
1. Masukkan blue pea granita yang sudah berwujud serutan es ke dalam gelas.
2. Letakkan cardamom panna cotta di atas blue pea granita tersebut.
3. Masukkan blackberry compote—komposisikan sesuka hati.
4. Tempatkan blackberry sable pada bibir gelas.
5. Peras jeruk nipis pada blue pea granita—bagian es yang terkena perasan jeruk nipis akan berubah warna dari biru menjadi ungu.



Reaksi saya setelah mengikuti masterclass khusus dessert yang diadakan Jakarta Culinary Feastival ini? Bikin dessert ala bintang lima itu sungguh sulit, ya, hehehe! Saya pun jadi terkagum-kagum dengan para chef yang menekuni jenis makanan ini. 

Sulit tapi seru—pengalaman belajar membuat dessert yang diadakan JCF ini tetap menyenangkan buat saya. Nah, buat teman-teman yang kemarin belum sempat mengikuti JCF Masterclass, jangan bersedih—tahun depan, akan ada JCF berikutnya, lho!     

Tag:
resep, masak, makanan, chef, dapur, menu, enak, belajar, kue
  • share line
  • share bbm
heart 9 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK