Kunjungi 5 Obyek Wisata Ini Saat Mudik ke Pontianak

1529028014789
Kunjungi 5 Obyek Wisata Ini Saat Mudik ke Pontianak

Waktunya mudik sudah tiba. Kembali ke kampung halaman, melepas rindu bersama keluarga. Bagi Anda yang pulang kampung ke Pontianak, Kalimantan Barat, manfaatkan waktu libur Lebaran ini untuk berwisata bersama keluarga ke sejumlah destinasi wisata menarik berikut ini.

1. Tugu Khatulistiwa
Terdapat 12 negara di dunia yang berada pada perlintasan garis khatulistiwa, salah satunya Indonesia. Garis khatulistiwa di Indonesia berada di kota Pontianak dan ditandai dengan Tugu Khatulistiwa yang dibangun sejak 90 tahun yang lalu. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September pada pukul 11.30 hingga 12.30 siang terjadi peristiwa alam Equinox atau titik kulminasi, dimana sinar matahari berada tepat di atas kepala, yang menyebabkan bayangan benda tidak akan nampak. Kulminasi matahari juga menyebabkan gaya grativasi yang begitu kuat, hingga membuat telur dapat berdiri tegak di titik nol derajat. Untuk menyambut Equinox, pemerintah setempat menggelar festival yang dimeriahkan dengan pagelaran seni, pameran, sampai kuliner.

Tugu Khatulistiwa (Sumber: Drwox)

Baca juga: 

Mengajak Anak Berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa

2. Aloe Vera Center
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana cara membudidayakan tanaman lidah buaya? Di Pontianak terdapat perkebunan lidah buaya berjenis Aloevera chinensis atau yang dikenal dengan sebutan Lidah Buaya Pontianak. Di kebun ini, Anda dapat melihat tata cara budidaya lidah buaya yang tumbuh dan terus dipanen selama 12-13 tahun. Pengembangan lidah buaya di Pontianak bermula di kawasan Siantan Hulu pada tahun 1980. Bermula dari menanam di pot, warga setempat akhirnya memindahkan tanamannya di ladang untuk dikembangkan secara massal. Kawasan agrowisata ini dapat dijangkau sejauh 8 kilometer dari pusat kota Pontianak, yakni di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu.

Aloe Vera Center (Sumber: Wisatabang.com)

3. Pantai Pasir Panjang
Yuk, bersantai di pantai sambil menghabiskan waktu mudik! Di Pantai Pasir Panjang, Anda dapat menikmati bentangan pasir putih dan pemandangan laut yang menakjubkan yang terbentang sepanjang 3 kilometer. Pantai ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 20 menit dari pusat kota Singkawang ke arah kota Pontianak. Dari kejauhan, Anda dapat melihat Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dibatasi Laut Natuna. Airnya sangat bersih, sehingga Anda dapat berenang atau menyelam sambil mengamati kehidupan bawah laut.

Pantai Pasir Panjangg (Sumber: Bumi-nusantara.blogspot.com)

Baca juga: 

Macehat Coffee, Tempat Ngopi Favorit di Medan Untuk Semua Usia

4. Tugu Digulis
Tugu Khatulistiwa bukan satu-satunya monumen yang layak dikunjungi di Pontianak. Lokasi yang satu ini tidak boleh dilewatkan, yakni Monumen Sebelas Digulis Kalimantan Barat yang juga dijuluki Tugu Digulis, Tugu Bambu Runcing, atau Tugu Bundaran Untan. Seperti namanya, tugu ini berlokasi di bundaran dekat Universitas Tanjungpura (Untan), Jalan Jend. Ahmad Yani, Pontianak Tenggara. Monumen yang didesain menyerupai bambu runcing ini dibangun untuk memperingati perjuangan 11 tokoh pejuang yang dibuang ke Boven Digoel, Irian Barat. Tiga di antaranya wafat saat diasingkan ke Boven Digoel, sedangkan lima lainnya meninggal dunia dalam Peristiwa Mandor. 

Tugu Digulis (Sumber: Ericopieter.blogspot.com)

5. Masjid Sultan Syarif Abdurrahman
Dikenal juga dengan nama Masjid Jami' Pontianak, masjid ini merupakan yang tertua dan terbesar di Kota Pontianak. Masjid Jami' Pontianak dibangun pada tahun 1771 oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kota Pontianak sekaligus putera dari Al Habib Husein, penyebar agama Islam dari pulau Jawa. Masjid yang mulanya didesain beratap rumbia dengan konstruksi kayu ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah. Sisi historisnya membuat Masjid Sultan Syarif Abdurrahman tidak dapat dilewatkan bagi Anda yang mudik ke Kota Pontianak.

Masjid Sultan Syarif Abdurrahman (Sumber: Anekatempatwisata.com)

(Sumber cover: Sitimustiani.com)

Tag:
mudik, lebaran, idul fitri, liburan, wisata, traveling, pontianak, kalimantan
1 People liked this
LIKE
BOOKMARK