5 Lokasi Instagrammable di NTT 

1484224229345
  • Share
5 Lokasi Instagrammable di NTT 

Rajin update instagram dari lokasi keren di Indonesia? Lima lokasi yang instagrammable di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berikut ini wajib Anda datangi untuk menambah koleksi foto Anda di media sosial:

1. Desa Takpala - Alor

Desa adat Takpala terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Anda bisa menjangkau desa ini dengan perjalanan darat sekitar 45 menit dari kota Kalabahi (ibukota kabupaten Alor). Suasana perkampungan yang masih tradisional bisa ditemukan di sana. Di kampung tersebut tinggal suku Abui yang hidupnya tergantung dari hasil hutan. Tradisi dan budayanya masih terjaga dan sangat tradisional. Anda bisa mencoba berfoto menggunakan pakaian tradisional di sana. Jangan lupa cicipi makanan khas Alor, Jagung Titi, juga aneka kudapan lainnya.

How to go: Cari rute pesawat menuju Alor atau cukup sampai Kupang dan Anda bisa juga menggunakan kapal feri dari Kupang menuju Alor. Untuk mencapai desa Takpala bisa menggunakan ojek dari Bandara Udara Mali, Alor, atau menyewa mobil dari kota Kalabahi.

Artikel terkait:

2. Pantai Walakiri - Waingapu, Sumba Timur

Mencari pemandangan matahari terbenam yang eksotis? Mampirlah ke pantai Walakiri di Kabupaten Sumba Timur, NTT. Terlebih jika air laut sedang surut, Anda akan disajikan hamparan padang pasir yang luas dengan deretan pohon bakau kerdil yang cantik. Pemandangan ini juga bisa Anda temukan di salah satu scene di film karya Mira Lesmana 'Pendekar Tongkat Emas'. Namun perlu diingat, waktu matahari tenggelam hanya beberapa saat. Jika ingin mengejar sunset, datanglah lebih awal sembari menikmati pemandangan sekitar sambil mencari spot terbaik untuk mengambil gambar.

How to go: Cari rute penerbangan menuju Waingapu. Dari kota Waingapu Anda perlu menyewa motor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 30 menit untuk mencapai pantai Walakiri.

3. Danau Kelimutu - Ende

Terkenal dengan sebutan danau tiga warna karena ada tiga danau dengan warna yang berbeda-beda. Ketiga danau itu adalah Tiwu Ata Polo, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Mbupu. Warna air danau yang kerap berubah-ubah dalam jangka waktu tertentu adalah pesona utama danau Kelimutu. Perubahan warna danau ini terjadi karena aktivitas gunung api Kelimutu. Masyarakat sekitar mempercayai danau Tiwu Ata Mbupu sebagai pusat berkumpulnya arwah orang tua yang sudah meninggal dan semasa hidupnya sering berbuat baik. 
Datanglah pagi-pagi sebelum matahari terbit ke sini, Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa. Sedikit tips, setiap tahun tepat pada tanggal 14 Agustus biasanya diadakan festival danau kelimutu dengan agenda utamanya 'Pati Ka' (artinya memberi makan) yaitu pemberian sesaji kepada leluhur. Sesaji yang dipersembahkan terdiri dari daging babi (wawi dalam bahasa setempat) dan moke (minuman beralkohol khas daerah setempat). Sayangnya selama upacara adat ini berlangsung berlaku larangan untuk mengambil gambar atau merekam. Jangan lupa patuhi aturan itu ya!

How to go: Cari rute pesawat menuju Ende. Anda bisa bermalam dulu di kota Ende sebelum melanjutkan perjalanan ke danau Kelimutu. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari kota Ende, sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan mobil menuju desa Moni. Di desa Moni juga tersedia penginapan sederhana jika Anda ingin mengejar matahari terbit di pagi hari. Anda juga akan dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi Taman Nasional Kelimutu.

4. Pulau Padar - Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat

Pesona kepulauan di sekitar Labuan Bajo tak dapat dipungkiri lagi. Sejak Taman Nasional Komodo masuk salah satu nominasi 7 keajaiban dunia, pariwisata di sana pun ikut meningkat. Pulau Padar salah satunya. Anda mungkin familier dengan spot foto seperti gambar di bawah ini. Yup, foto itu diambil di pulau Padar.

How to go: Carilah rute pesawat menuju Labuan Bajo. Dari sana Anda bisa menyewa perahu untuk mencapai pulau Padar. Berangkat pagi-pagi untuk mendapatkan pesona matahari terbit. Sedikit tips dari saya, siapkan fisik untuk trekking yang cukup menguras keringat untuk mendapatkan spot terbaik. Alternatif lain, Anda bisa mengikuti trip menggunakan kapal dari Lombok. Dengan trip ini sekaligus menghemat biaya sewa kapal yang cukup mahal jika dipakai pribadi.

5. Pantai Kolbano - Timor Tengah Selatan

Ingin mencari pantai dengan hamparan batu putih? Datanglah ke Pantai Kolbano di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Tak ada pasir di sini, yang ada hanya hamparan bebatuan dengan dominasi warna putih. Menarik bukan? Karena lokasi pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, maka ombaknya sangat besar dan tidak diperbolehkan berenang di sana. Bergeser sedikit ke arah bukit Anda juga bisa menemukan spot menarik untuk mengambil gambar. 

How to go: Cari rute pesawat menuju Kupang. Dari Kupang Anda harus menyewa mobil untuk mencapai pantai Kolbano sekitar 2-3 jam perjalanan.

 

Tag:
Lokasi, Instagrammable, NTT, labuan, bajo, travel
  • Share
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK