5 Alasan Yang Menyebabkan Visa Ditolak
Travel

5 Alasan Yang Menyebabkan Visa Ditolak

Anda akan bepergian ke negara yang mewajibkan visa? Sebelum mengajukan visa, baca dulu lima alasan yang menyebabkan visa ditolak berikut ini:

1. Dana tidak mencukupi untuk membiayai perjalanan.

Banyak yang bertanya, berapa sebenarnya jumlah tabungan yang harus dimiliki agar visa disetujui? Tidak ada angka jawaban pasti untuk pertanyaan ini, kecuali hal tersebut sudah disebutkan dengan jelas dalam syarat pengajuan visa. Logikanya, dana Anda mencukupi untuk kebutuhan perjalanan Anda. Dalam arti, mencukupi biaya konsumsi, transportasi, akomodasi, hiburan (termasuk semua tiket masuk ke tempat wisata), dan keperluan tak terduga. Pastikan dana Anda mencukupi untuk ini semua atau visa Anda akan ditolak. Anda bisa cek peraturan angka minimal di tabungan untuk pengajuan visa di situs negara tujuan. Aturan angka ini bisa diabaikan dengan pengecualian, misalnya ada undangan atau sponsor. Jadi, baca baik-baik aturannya, ya.

(Sumber: Pixabay)

2. Mengisi rekening tabungan dadakan.

Bila salah satu syarat dari membuat visa adalah bukti keuangan yang mencukupi, tidak sedikit orang yang mendadak mengisi rekening tabungannya sebanyak mungkin. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari meminjam uang ke kerabat atau memindahkan dana dari satu rekening ke rekening lain. Bila Anda berpikiran untuk melakukan hal yang sama, sebaiknya hati-hati. Selain melihat jumlah tabungan, pihak kedutaan juga melihat kewajaran aktivitas tabungan. Misalnya, setiap bulan transaksi dana Anda di sekitaran Rp 5–10 juta, tiba-tiba di waktu tertentu Anda menerima transferan dana sebesar Rp 50 juta. Ini otomatis akan menimbulkan kecurigaan.

(Sumber: Pixabay)

3. Dicurigai tidak akan kembali ke negara asal.

Setiap negara tentu tidak ingin bila ada imigran gelap yang tinggal di negaranya. Karena itu, tiap kali ada yang mengajukan visa, salah satu hal yang akan diselidiki oleh mereka adalah apakah orang tersebut akan kembali ke negara asalnya atau justru tidak akan pulang dan menjadi penduduk gelap. Bila dokumen Anda dianggap kurang meyakinkan akan pulang ke Indonesia, pihak kedutaan bisa langsung mencoret Anda dari daftar pelamar visa.

(Sumber: Pixabay)

4. Tidak memenuhi semua persyaratan yang diminta.

Masing-masing negara memiliki syarat yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengikuti semua syarat yang diminta. Bikin daftar check list agar tidak kelewatan satu hal pun. Ada kedutaan yang masih berbaik hati meminta pelamar visa untuk mengumpulkan syarat yang kurang namun ada juga yang langsung menolak lamaran visa begitu Anda tidak mengikuti semua syaratnya. Jadi jangan ambil risiko.

(Sumber: Immivisas.com)

5. Memalsukan dokumen.

“Ah mana mungkin dicek,” adalah pemikiran yang harus dihindari. Kedutaan memiliki akses ke banyak hal, termasuk ke dokumen-dokumen yang dikirimkan oleh para pelamar visa.

(Sumber: Belgiumcohabitationvisa)

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )