Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

Ternyata, Komunikasi Bukan Kunci Hubungan Yang Bahagia

2016-11-28 12:00:28.723675

¯¯¯¯¯

Selama ini kita sering mendengar atau membaca nasihat maupun artikel yang intinya menyatakan, komunikasi yang baik dan lancar adalah syarat mutlak untuk memiliki hubungan yang bahagia. Namun ternyata teori klasik itu kurang tepat. Menurut Douglas LaBier, Ph.D., seorang psikolog dan psikoterapis, komunikasi yang baik dan lancar antara kedua belah pihak tidak akan membuat sebuah hubungan jadi lebih membahagiakan dan memuaskan. Sebab, komunikasi yang lancar sebenarnya merupakan akibat dari hubungan asmara yang baik, bukanlah sebab terciptanya hubungan yang baik seperti yang selama ini sering kita dengar.

Pernyataan ini ia simpulkan dari sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Georgia yang dimuat dalam Journal of Marriage and Family. Studi tersebut menunjukkan, sejoli yang merasa puas dan bahagia dalam hubungannya lebih mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar dengan pasangannya ketimbang sejoli yang tidak bahagia dalam hubungan. Atau dengan kata lain, jika Anda dan pasangan sama-sama bahagia, maka kemungkinan friksi apalagi berantem akan kecil.

Kalau begitu, apa rahasia untuk mencapai hubungan yang bahagia dan memuaskan bagi kedua belah pihak? Menurut LaBier, sebenarnya tak ada rahasia atau strategi khusus. Unsur terpenting untuk menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia adalah bagaimana kedua belah pihak selalu saling melibatkan satu sama lain dalam segala aspek baik secara fisik, emosional, maupun spiritual.

Salah satu caranya adalah dengan saling bersikap dan mengekspresikan diri sejujur mungkin dan menerima kejujuran tersebut sebagai bagian dari diri masing-masing. Kejujuran ini sangat penting, sebab LaBier menyatakan, sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa pasangan yang saling jujur memiliki keintiman dan kenyamanan yang lebih baik daripada yang tidak jujur.

In the end, honesty is always the best policy.

  •   0
  •   0
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download