Mana Yang Lebih Buruk, Selingkuh Secara Fisik Atau Emosi?
Relationship

Mana Yang Lebih Buruk, Selingkuh Secara Fisik Atau Emosi?

Selingkuh tidak hanya menyakitkan bagi yang dikhianati, tapi juga memengaruhi kepercayaan orang lain serta menimbulkan trauma. Tidak bisa memercayai pasangan di masa depan. Ada dua bentuk selingkuh, secara emosional dan fisik. 

Terapis di Affair Clinic Yvonne menjelaskan selingkuh secara emosional sebagai individu yang memiliki hubungan intens dengan orang lain, yang biasanya timbul melalui sharing yang melibatkan emosi. "Jika dua orang bisa merasa rentan satu sama lain maka koneksi yang kuat bisa terbentuk. Secara emosional keduanya terhubung dengan perasaan," katanya. Sementara hubungan fisik adalah 'tubuh menggunakan indra untuk merasakan hubungan itu', dimana bagian terpenting adalah sentuhan dan biasanya untuk keuntungan seksual.

sumber: understanding relationship

Yvonne mengatakan baik selingkuh secara emosional maupun fisik melibatkan perjalanan panjang untuk memperbaiki hubungan atau memulai babak baru. Laki-laki lebih merasakan sakit karena selingkuh fisik, sementara bagi perempuan selingkuh secara emosional jauh lebih sulit untuk dihadapi. Meskipun selingkuh secara emosional sangat menonjol, menurut Yvonne selingkuh fisik secara berulang lebih mudah dideteksi dan ada lebih banyak kesempatan untuk sembuh. 

sumber: mic

Menurutnya, perempuan sebenarnya lebih takut selingkuh secara emosional daripada fisik. Ini karena perempuan takut pasangannya terikat secara emosional dengan perempuan lain. Hal ini juga didukung banyaknya pria dalam data Yvonne berselingkuh secara emosional. Dia menambahkan perselingkuhan yang dimulai secara fisik tapi tidak melibatkan hubungan emosional cenderung cukup cepat kandas.

sumber: giphy

Selingkuh fisik punya efek jangka panjang karena laki-laki dan perempuan akan mendapatkan bayangan yang menyerang pikiran mereka siang dan malam. Sementara selingkuh secara emosional juga bisa memengaruhi mental seseorang dengan membiarkan korban tidak tahu dimana mereka harus berpijak. Hubungan emosional sulit diukur, tidak mungkin mengetahui sejauh mana seseorang telah jatuh karena hanya mereka yang tahu apa yang ada dalam pikiran mereka bahkan mereka mungkin merasa sulit untuk diungkapkan.

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )