Hati-Hati, 5 Masalah Tentang Uang Ini Bisa Menghancurkan Pernikahan

1531484421133
  • share line
  • share bbm
Hati-Hati, 5 Masalah Tentang Uang Ini Bisa Menghancurkan Pernikahan

Kalau sudah membicarakan tentang uang, tentu bisa menjadi hal yang paling sensitif. Kabar buruknya, persoalan seputar uang bisa merusak pernikahan, baik yang baru dibina ataupun sudah berlangsung lama. 

Baca juga: 

Sudahkah Anda Menabung Uang Receh Hari ini?

Pertengkaran tentang uang bisa merembet ke berbagai hal, termasuk memicu hilangnya rasa percaya kepada pasangan. Melansir dari beberapa sumber, sebuah riset yang dilakukan SunTrust Bank menemukan bukti kalau penyebab utama stres dalam suatu pernikahan memang masalah keuangan. Hampir 35% pertengkaran yang kerap terjadi pada suami istri adalah masalah uang. Lalu, apa saja kesalahan tentang uang yang bisa memicu masalah? 

1. Punya tabungan rahasia
Punya tabungan sendiri memang hak semua orang. Lain halnya ketika sudah menikah, Anda justru menyembunyikan tabungan atau uang tunai dari pasangan. Sebuah survei yang dilakukan baru-baru ini oleh National Endowment for Financial Education menemukan kalau dua dari lima pasangan suka berbohong tentang uang. Bahkan, 75% dari mereka mengaku kalau kebohongannya tentang uang sangat memengaruhi hubungan mereka.

2. Diam-diam memakai kartu kredit lewat limit
Tidak salah bila Anda memiliki kartu kredit. Namun, kartu kredit bisa menjadi pemicu pertengkaran bila Anda merahasiakan dari pasangan. Bahkan, sebuah survei menemukan kalau menyimpan kartu kredit dan akun lain dari pasangan bisa lebih buruk dari selingkuh. Wah, lebih baik katakan sejujurnya tentang apa yang kita miliki kepada pasangan supaya tidak salah paham.

3. Gaya hidup terlalu tinggi
 Pasti kenal dengan istilah “Besar pasak daripada tiang”, kan? Nah, kalau sudah menikah, Anda dan pasangan harus sama-sama menyeimbangkan gaya hidup. Mulai dari perhitungan pendapatan sampai anggaran pengeluaran. Bicarakan sejak awal pernikahan dengan pasangan dan buat kesepakatan tentang seluruh biaya rumah tangga. 

Baca juga: 

5 Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan Bersama Pasangan

4. Terlalu hemat
Hidup boros memang tidak boleh. Namun, hidup terlalu hemat juga tidak disarankan. Hemat di sini adalah terlalu ‘ketat’ dalam hal keuangan sehingga penuh perhitungan dalam mengeluarkan uang. Tentu, hal ini bisa membuat Anda dan pasangan jadi lebih stres. Nah, untuk mengatasinya, ajak pasangan Anda membuat anggaran belanja keluarga. Bila perlu, lakukan konsultasi masalah keuangan ini pada penasihat keuangan.

5. Tidak bertanggung jawab dalam memakai uang
Penyalahgunaan uang biasanya terjadi karena tidak ada rencana keuangan bersama. Akhirnya, Anda atau pasangan memakai uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Lagi-lagi, Anda perlu membuat paduan atau rencana keuangan bersama dengan pasangan. Hitung penghasilan Anda dan pasangan, lalu buat beberapa anggaran, mulai dari tabungan darurat, pengeluaran sehari-hari, sampai tabungan jalan-jalan. 

Masalah keuangan dalam rumah tangga bisa terjadi kapan saja. Namun, sebelum berbuntut panjang, lebih baik perbanyak komunikasi antara Anda dan pasangan tentang keuangan. Bila sama-sama jujur, tentu akan lebih mudah membuat anggaran rumah tangga. 

Sumber image: 123rf

Tag:
uang, pernikahan
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK