Daripada Sibuk Mencari Belahan Jiwa, Ini yang Seharusnya Anda Lakukan

1541818815601
  • share line
  • share bbm
Daripada Sibuk Mencari Belahan Jiwa, Ini yang Seharusnya Anda Lakukan

Dalam film, kehidupan yang sempurna digambarkan jika Anda akhirnya bertemu dengan belahan jiwa atau jodoh Anda. Namun, menurut profesor psikologi Gary W. Lewandowski Jr. menggunakan istilah ‘belahan jiwa’ bisa berbahaya karena hal Ini bisa mengaitkan perfeksionisme dan kesempurnaan dalam hubungan pada dasarnya tidak mungkin tercapai. 

"Jika Anda percaya pada belahan jiwa, maka Anda cenderung untuk tidak mau menghadapi masalah karena Anda percaya bahwa pasangan Anda seharusnya menjadi orang yang sempurna dan semuanya seharusnya mudah," katanya. 



Padahal, mampu menghadapi konflik sebagai pasangan sangat penting untuk menumbuhkan hubungan yang sehat, tambahnya. Ketika orang mencari belahan jiwanya, mereka akan melalui masa pencarian yang tidak pernah berakhir. Jika Anda percaya pada belahan jiwa, mudah untuk berpikir bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk melengkapi Anda. Namun, hubungan Anda dengan pasangan harus selalu menjadi peningkatan, bukan suatu keharusan. Alih-alih mencari jodoh dan belahan jiwa, Anda disarankan untuk mencari hubungan yang lebih realistis, jujur, ​​dan sehat. Di sini, para ahli menjelaskan cara melakukannya.

Buat daftar

Mencatat kualitas yang Anda cari dalam diri seseorang dapat membantu Anda menyeleksi pasangan yang tepat. Coba tuliskan sifat-sifat yang paling penting bagi Anda. Lebih fokus pada ciri-ciri kepribadian dan ideologi yang umumnya lebih penting daripada faktor-faktor seperti di mana seseorang bekerja atau apa minat mereka. Beberapa kualitas yang bisa Anda tulis seperti kasih sayang, konsistensi, kesetiaan, hingga keterbukaan.

Anda juga bisa menambahkan ciri-ciri objektif seperti etnis atau agama seseorang ke daftar Anda jika hal ini merupakan bagian integral dari hidup Anda. Periksa kembali daftar yang Anda buat tidak hanya ketika Anda menemukan pasangan, tetapi ketika hubungan Anda berlanjut. Dengan cara ini Anda dapat melacak bagaimana pasangan mempunyai karakteristik yang Anda cari.



Amati hubungan di sekitar Anda

Melihat orang-orang yang terdekat di sekitar Anda adalah cara terbaik untuk menemukan tujuan hubungan yang realistis dan jujur. Karena, percayalah bahwa hubungan Anda tidak hanya terjadi di Instagram. Carilah berbagai pasangan di kehidupan nyata yang Anda kenal dengan baik seperti teman atau keluarga dan tanyakan pada diri Anda kualitas apa yang Anda kagumi dalam hubungan tersebut. Cobalah untuk melihat sisi negatif juga. Jika Anda tidak suka cara salah satu pasangan selalu merendahkan orang lain, buat catatan tentang hal tersebut.

Jika Anda cukup dekat dengan seseorang, coba tanyakan kepada orang itu apa yang membuat hubungan mereka bisa langgeng. Jika seseorang bercerai, tanyakan apa yang menyebabkannya berakhir. Mencari cara untuk meniru hal-hal positif dan menghindari beberapa hal negatif dapat membantu Anda menyadari apa yang Anda lakukan dan tidak inginkan.



Prioritaskan diri Anda sendiri

Berada dalam hubungan sehat dimulai dengan berfokus pada diri Anda sendiri. Kadang-kadang ketika seseorang sedang mencari belahan jiwa, mereka mencoba untuk mengisi kekosongan di dalam diri mereka. Sebelum Anda menghabiskan waktu Anda dengan orang lain, coba habiskan waktu untuk memperbaiki diri sendiri baik dalam karier maupun kehidupan pribadi. Saat terbaik untuk menemukan seseorang adalah ketika Anda 100% puas dengan siapa Anda sebenarnya. Berada bersama orang lain tidak akan mengisi kekosongan itu, tidak peduli betapa hebatnya orang tersebut.

All photos: 500 Days of Summer

Tag:
relationship, jodoh, love, belahan jiwa
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK