5 Hal Sepele yang Bisa Membuat Hubungan Dengan Pasangan Berantakan

1507901411014
  • Share
5 Hal Sepele yang Bisa Membuat Hubungan Dengan Pasangan Berantakan

Menjaga hubungan dengan pasangan memang gampang-gampang susah. Walaupun sudah usaha untuk menjaga agar hubungan tetap kondusif, tapi nyatanya ada saja hal sepele yang bisa jadi penyebab pertengkaran.

"Hubungan biasanya tidak berakhir karena satu masalah besar, tapi lebih banyak hal kecil yang secara perlahan membuat hubungan semakin memburuk sampai akhirnya selesai," kata psikolog klinis berlisensi, Dr. Ramani Durvasula.

Supaya hal ini tidak terjadi dengan hubungan anda dan pasangan, coba hindari beberapa hal sepele di bawah ini.

dicuekin terus gara-gara handphone tidak menyenangkan lho (daily mail)

Baca juga: 

Lakukan 7 Hal Ini untuk Mendekatkan Hubungan Anda dan Pasangan

Tidak Bisa Lepas Dari Handphone

Lagi berduaan, tapi Anda justru asyik dengan handphone di tangan. Hati-hati, hal ini bisa memberikan kesan kalau pasangan Anda bukanlah prioritas dalam hidup Anda. Menurut seorang terapis pernikahan dan keluarga, David Klow, terlalu fokus dengan handphone akan membuat pasangan merasa kurang dihargai dan tidak dipedulikan. Karena itu, jauhkan alat komunikasi saat berdua dengan pasangan agar waktu yang dihabiskan bisa lebih berkualitas.

Mengumbar ‘Aib’ Pasangan

Mungkin ‘aib’ ini lucu jika hanya Anda berdua yang tahu, tapi beda kasusnya jika Anda menceritakannya pada orang lain, apalagi teman-temannya. Durvasula mengatakan, hal yang Anda anggap lucu dan tidak masalah jika diketahui oleh orang lain ini, bisa jadi akan menyakitkan untuk pasangan. Apalagi jika hal ini terlalu sering dilakukan. Bisa-bisa pasangan menganggap dirinya hanya bahan candaan untuk Anda.

Baca juga: 

Satu Rahasia Kunci Pasangan Bahagia

Selalu Menghitung Menang-Kalah

Hindari selalu menghitung siapa yang menang dan kalah dalam tiap argumen atau pertengkaran, bahkan hanya di dalam kepala. Hal ini justru akan membuat Anda menderita jika merasa selalu kalah atau bahkan terlalu jumawa jika Anda di pihak yang selalu menang, dan keduanya sama sekali tidak baik untuk kesehatan hubungan. Menurut Klow, menghitung-hitung seperti itu bisa menyebabkan rasa picik dan benci di antara pasangan.

lebih baik bicara tatap muka daripada lewat pesan teks (she knows)

Bertengkar Lewat Pesan

Kata-kata yang tertulis di pesan bisa sangat disalahartikan. Inilah yang membuat pasangan jadi lebih sering bertengkar. Jangan adu argumen, apalagi bertengkar, lewat pesan teks jika tidak ingin masalah Anda berdua menjadi lebih besar. Jika bisa menunggu, maka tunggu waktu yang tepat untuk membicarakannya dengan pasangan. Atau jika harus diselesaikan saat itu juga, telepon pasangan agar bisa berbicara langsung.

Baca juga: 

Ini Alasan Anda Harus Stop Membandingkan Diri dengan Mantan Kekasih Pasangan

Mengkritik Keluarganya

Jangan pernah secara frontal berkata negatif tentang keluarga pasangan, meskipun pasangan Anda yang mengeluh lebih dulu. Walaupun terkesan ‘benci’ dengan keluarganya, ingat kalau ikatan darah sangat kuat dan pasangan pada akhirnya tetap akan membela keluarganya. Pilih kata-kata dan pendekatan yang lembut saat membicarakan keluarganya. Jangan ikut terprovokasi saat pasangan mengeluh tentang keluarganya dan berikan pendapat aman yang tidak akan menyakiti hatinya.

Nah, apakah salah satu dari hal di atas pernah Anda lakukan dengan pasangan?

 

Tag:
berpisah, bertengkar, pasangan, kekasih, hubungan, retak
  • Share
2 People liked this
LIKE
BOOKMARK