5 Cara Menghadapi Pasangan Yang Temperamental
Relationship

5 Cara Menghadapi Pasangan Yang Temperamental

Pasangan Anda temperamental? Hmm, punya pasangan yang temperamental itu tidak mudah lho, setuju? Ketika lagi ada konflik, Anda harus punya seribu akal untuk mengontrol emosi si dia biar tidak meledak-ledak.

Pasti mengesalkan kalau punya pasangan yang sedikit-dikit marah, tapi kalau sudah cinta mau bagaimana lagi? Setiap orang pasti punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kalau Anda punya pasangan yang temperamental, tenang saja, semua bisa diatasi. Memang tidak mudah mengatur emosinya, tapi tips dari psikolog Tara de Thouars ini pasti bisa membantu Anda menyelesaikan masalah tanpa perlu saling emosi. Yuk, cari tahu!

Jangan terpancing emosi
Pertengkaran dalam hubungan pacaran sebenarnya wajar terjadi. Tapi, kalau si dia sudah terbawa emosi, usahakan untuk tidak terpancing emosi juga, ya. Ada baiknya untuk Anda bisa menenangkan emosinya, bukan malah ikut-ikutan emosi. Biasanya orang yang lagi emosi, logikanya tidak jalan. Jadi percuma debat lama-lama, pasti tidak ada hasilnya. Maka dari itu, harus ada satu pihak yang bisa bersikap dewasa. Jadi dia bisa menenangkan pasangannya. Tidak mau, kan, hubungan kalian jadi renggang cuma gara-gara menuruti emosi yang terus meledak-ledak?

sumber: boldsky

Sepakati adanya time out
Daripada terus berdebat dan pasangan yang tidak akan ada habisnya. Coba untuk sepakati adanya time out. Anda dan si dia bisa berhenti sejenak. Tak perlu lama-lama, cukup dengan hitungan menit. Sekitar 10–15 menit itu sudah cukup, kok. Setelah itu baru Anda berdua bisa saling membicarakan masalah ini lagi dengan kondisi yang lebih baik.

Ketahui penyebabnya
Setiap masalah pasti ada penyebabnya. Anda berdua harus cari tahu dulu akar permasalahannya seperti apa. Tujuannya agar konflik tetap pada jalurnya dan tidak melebar ke mana-mana. Kalau sudah tahu penyebabnya, selesaikan masalahnya sampai tuntas. Jangan sampai si penyebab konflik ini di kemudian hari kembali muncul lagi. Tidak mau, kan, terus-menerus berkonflik sama pasangan dengan penyebab yang sama? Yuk, ketahui penyebab konflik Anda dan selesaikan masalahnya.

sumber: capitalfm

Cari cara berkomunikasi lain
Kalau sudah tahu pasangan Anda temperamental apalagi ketika lagi debat, cobalah cari cara berkomunikasi yang lain, maksudnya selain bertatap muka. Kalau ujungnya terus bertatap muka pasti konflik Anda tidak akan berakhir. Mungkin Anda berdua perlu media lain untuk bisa berkomunikasi, sambil meredakan emosi masing-masing.  

Bicara dengan kalimat yang netral
Pasangan yang temperamental itu biasanya bisa diredakan dengan kalimat-kalimat yang netral. Contoh seperti, “Saya paham maksudmu sayang, menurut kamu sebaiknya kita bagaimana?”. Nah, kalimat-kalimat yang seperti itu bisa Anda bicarakan ketika si dia sudah mulai emosi. Tujuannya agar komunikasi antara Anda berdua kembali baik tanpa perlu berbicara dengan nada tinggi. Yang penting usahakan untuk tidak menggunakan kalimat kasar atau nada tinggi, agar pasangan tidak kepancing emosi.

sumber: consumerhealth

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )