5 Cara Agar Akrab Dengan Mertua
Relationship

5 Cara Agar Akrab Dengan Mertua

Salah satu tantangan dalam pernikahan adalah mengakrabkan diri dengan mertua. Walaupun hal ini harus dilakukan baik suami maupun istri, tetapi biasanya pengaruhnya lebih besar terhadap wanita. Menurut riset, 60% dari pernikahan terjadi bersitegang antara wanita dan ibu dari suami. Berikut 5 tips untuk mengakrabkan diri dengan mertua melalui hal-hal kecil:

1. Minta mereka ceritakan kisah-kisah pasangan Anda saat masih kecil
Cari tahu kisah-kisah seperti saat ibu mertua hamil atau kenangan-kenangan yang berkesan mengenai pasangan Anda saat kecil. They love that. Cara ini menunjukkan bahwa Anda sayang dan juga tertarik dengan kisah pasangan Anda.

How did this happen, mom??? (sumber: giphy)

2. Minta saran dari mertua Anda
Hampir semua orang senang jika diminta untuk memberikan saran dan merasa opini mereka dihargai. Tanyalah saran-saran mengenai topik yang netral (dibandingkan topik-topik potensial yang mengakibatkan pertengkaran). Lakukan dalam porsi kecil ya, salah-salah melewati batasan. Cara ini menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.

(sumber: wetellyouhow)

3. Apakah Anda berbagi ketertarikan yang sama dengan mertua yang tidak Anda miliki dengan pasangan?
Misalnya Anda dan ayah mertua tertarik dengan perihal investasi sedangkan semua anaknya tidak memiliki ketertarikan tersebut. Biasanya orang tua merasa kecewa jika anaknya tidak memiliki passion yang sama, jika Anda sungguh memiliki ketertarikan yang sama, cara ini bisa membantu Anda memiliki ikatan yang positif.

4. Ajarkan mereka sesuatu
Tunjukkan mertua Anda bagaimana cara melakukan sesuatu yang membantu mereka, misalnya membantu mereka dalam menggunakan ponsel yang baru mereka beli.

sumber: masterfile

5. Tunjukkan ketertarikan pada hidup, teman, atau hobi mereka
Tanyakan hal-hal sederhana mengenai hidup mereka. Misalnya, “Apakah tanaman anggrek yang mama beli kemarin sudah berbunga?”, atau hal-hal kecil lainnya. Cara ini menunjukkan bahwa Anda memiliki perhatian pada mereka.

***

Mertua yang terlalu turut campur dalam pernikahan biasanya menjadi salah satu sumber kekhawatiran Anda. Situasi terbaik dalam menanggapinya adalah dengan tetap menjaga sikap yang positif dan menunjukkan rasa hormat kepada mereka.
 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )