4 Rahasia Mengatasi Rasa Insecure Dalam Hubungan Asmara

1505527215895
Article by IreneWibowo25 | Writer
  • Share
4 Rahasia Mengatasi Rasa Insecure Dalam Hubungan Asmara

Mencintai dan dicintai memang merupakan perasaan yang paling membahagiakan. Tetapi, terkadang banyak orang yang merasa insecure atau tidak aman dengan perasaan seperti ini meski kekasih sudah menjaga dan memberikan perhatian. Bisa saja perasaan insecure muncul karena takut ditinggalkan, cemburu pada kekasih atau selalu ingin mengontrolnya.

Baca juga: 

Kenali 5 Tanda Alergi Dengan Pasangan

Bila Anda selalu merasa insecure kepada keaksih, bisa-bisa hubungan jadi tidak sehat, lho. Bukan tidak mungkin bila kekasih jadi muak dan mudah meninggalkan Anda. Tidak mau, kan, hal tersebut terjadi? Mulailah belajar mengatasi perasaan insecure dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Kenali apa penyebab munculnya perasaan insecure
Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat Anda merasa insecure? Apakah karena Anda pernah diselingkuhi di masa lalu? Atau apa karena Anda memiliki kenangan buruk di dalam keluarga? Bila ada hal-hal yang membuat Anda insecure, cobalah ungkapkan dengan pasangan dan bersikaplah jujur. Ceritakan semua kekhawatiran dan ajak pasangan untuk sama-sama mencari solusinya.

2. Bangun kepercayaan diri
Insecure muncul karena perasaan rendah diri dan tidak percaya diri. Belajarlah untuk terus melihat kelebihan yang ada dalam diri Anda sendiri. Anggap bahwa diri Anda istimewa sehingga Anda bisa lebih percaya diri dan yakin bahwa pasangan mencintai Anda karena ada sesuatu yang spesial dari diri Anda di matanya. 

Baca juga: 

Ucapkan 5 Kalimat Penyemangat Ini Ketika Perasaan Insecure Muncul

3. Atasi perasaan negatif
Ketika Anda insecure, Anda akan berpikir negatif tentang pasangan sehingga Anda akan melakukan hal-hal yang buruk seperti bersikap posesif dan khawatir berlebihan. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, maka lama-lama bisa membuat pasangan jadi muak dan malah meninggalkan diri Anda. Kuncinya, berpikirlah secara rasional dan coba tumbuhkan pikiran-pikiran positif supaya Anda lebih bisa menghargai pasangan. 

4. Lepaskan ketergantungan
Biasanya, sikap posesif muncul karena adanya ketergantungan pada pasangan sehingga tidak bisa jauh-jauh dari pasangan. Coba berikan luang untuk diri sendiri. Mulailah lakukan aktivitas yang bisa mengembangkan pribadi Anda seperti mengajak teman nonton film di bioskop, belanja, atau ikut kursus dan olahraga secara rutin. Dengan begitu, Anda pun bisa sadar jika Anda memiliki kehidupan yang lebih luas di ‘luar sana'. Anda dan pasangan akan selalu membutuhkan ‘me time’ untuk diri sendiri.

Dalam sebuah hubungan, pasti ada kalanya merasa insecure dan ada masa naik serta turun alias tidak selalu membuat Anda bahagia. Tapi ingat, hubungan asmara terjalin untuk membuat Anda dan pasangan sama-sama dewasa. Jadi, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya asalkan selalu diatasi bersama-sama. Setuju?

 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )