Film "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" Menang Penghargaan Tertinggi Di Locarno Film Festival 2021
18 August 2021
Belum tayang di Indonesia, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sudah memenangkan penghargaan tertinggi Locarno Film Festival 2021.

Belum tayang di Indonesia, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sudah memenangkan penghargaan tertinggi Locarno Film Festival 2021. Ini adalah salah satu festival film tahunan tertua di dunia, yang digelar setiap Agustus di Locarno, Swiss. Edwin adalah sutradara Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi di ajang bergengsi itu.

Sinopsis film

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sendiri diadaptasi dari novel berjudul sama karya Eka Kurniawan. Ceritanya berkisah tentang Ajo Kawir (Marthino Lio), anak muda yang mengalami trauma masa lalu sehingga mengalami impotensi. Frustasi, ia pun tumbuh sebagai remaja yang suka berkelahi. Tokek (Sal Priadi), sang teman telah mencoba membantunya, tapi setiap jalan seperti buntu. Sifatnya berubah ketika ia bertemu seorang perempuan jagoan tangguh, Iteung (Ladya Cheryl)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Palari Films (@palarifilms)

Tertarik memfilmkan

Mengutip Jawa Pos, jika mayoritas pembaca menganggap novel itu vulgar dan berdiksi kasar, Edwin justru menemukan kekuatan di situ. Edwin hanya butuh sekali membaca novel setebal 243 halaman itu dan langsung memutuskan untuk memfilmkannya. Instingnya pun tak meleset. Di Locarno Film Festival 2021, film ini membuatnya membawa pulang Piala Golden Leopard yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang bergengsi tersebut.

Bukan kemenangan pertama

Ini bukan penghargaan pertama yang diterima film Indonesia ini. Skenario film ini telah memenangkan grand prize Most Promising Project pada Asian Project Market yang digelar Busan International Film Festival 2016, Korea Selatan. Pada tahun 2018, proyek film ini kembali memenangkan Post-Production Award dalam Hong Kong Asian Film Market (HAF) dari Whitelight Post, sebuah rumah pasca produksi yang berbasis di Bangkok. Setelah menyabet penghargaan tertinggi di Locarno, film ini juga bakal tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

Wah, jadi makin penasaran dan nggak sabar, nih, menantikan film karya Edwin ini tayang di tanah air. Tunggu perkembangan kabar selanjutnya, ya!

Cover: Instagram/sepertidendamfilm

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail