Sepertinya Ini Alasan Kaum Milenial Kurang Percaya Dengan Vaksin

1541766013571
  • share line
  • share bbm
Sepertinya Ini Alasan Kaum Milenial Kurang Percaya Dengan Vaksin

Sejak anaknya lahir, para orang tua selalu diingatkan untuk memberikan mereka berbagai macam vaksin demi terlindung dari penyakit. Namun, beberapa tahun belakangan, banyak orang tua—khususnya kaum milenial—kurang memercayainya.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh London School of Hygiene dan Tropical Medicine, kaum milenial cenderung skeptis tentang pentingnya vaksin daripada orang tua atau kakek-nenek mereka, kemungkinan karena mereka belum pernah terpapar wabah sejumlah penyakit akibat anak-anaknya tidak mendapatkan vaksin.

(Sumber: BabyCenter)

Para peneliti menemukan bahwa orang tua yang berusia antara 18-24 tahun, hanya 24% yang percaya dengan keampuhan vaksin. Sedangkan orang tua yang berusia antara 25-34 tahun yang percaya dengan vaksin memang persentasenya agak lebih banyak, yaitu sekitar 39%, meskipun jumlah tersebut masih tergolong sedikit.



Profesor Heidi Larson, penulis utama penelitian, percaya orang tua zaman dulu melihat vaksin sebagai norma. Mereka melakukannya karena itu adalah “keharusan” yang dilakukan untuk kesehatan anak, semua orang melakukannya, dan hal itu penting bagi keluarga dan masyarakat.

“Sedangkan orang tua di usia yang lebih muda kurang merasakan atau mengalami realitas sejumlah wabah penyakit. Secara pribadi, saya pikir pengalaman seseorang dapat memengaruhi seberapa serius mereka mengambil keputusan,” jelasnya.

(Sumber: verywellhealth.com)

Selain itu, informasi tentang vaksin yang diunggah di media sosial juga memiliki dampak lebih luas daripada yang sebenarnya. Tidak peduli seberapa ekstremnya informasi tersebut dan tak terbukti kebenarannya, sebagian orang tetap akan memercayainya.

Nah, jika Anda juga merupakan kaum milenial, apakah harus menunggu ada wabah penyakit dulu baru mau mulai memberikan vaksin untuk anak-anak Anda?

Cover: Today’s Parent

Tag:
vaksin, generasi milenial, wabah, penyakit, orang tua
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK