Pengaruh Kehadiran Ayah Terhadap Kecerdasan Anaknya
Parenting

Pengaruh Kehadiran Ayah Terhadap Kecerdasan Anaknya

Studi mengatakan, kehadiran dan keterlibatan ayah dalam keseharian berperan penting dalam perkembangan kecerdasan si anak. Menurut penelitian dari Imperial College London, bila ayah aktif terlibat dalam keseharian di beberapa bulan pertama sejak kelahiran, maka anaknya memiliki hasil tes kognitif lebih tinggi.

Keterlibatan ayah dalam keseharian anak yang dimaksud para peneliti adalah dengan bermain dan memberikan feedback positif. Kedua hal ini diketahui mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Jadi, pesan penting untuk para orangtua, bila ingin mengoptimalkan kecerdasan anak, pastikan si ayah sering-sering bermain dengan si bayi. Bahkan dalam usia masih sangat kecil, kegiatan bermain dan berinteraksi dengan ayah akan memberi efek positif.

Ada dua faktor yang diperkirakan para peneliti memiliki kaitan erat dengan kecerdasan anak: sikap ayah yang tenang dan kehadiran ayah untuk menciptakan waktu berkualitas bersama anak.

Meski demikian, para peneliti belum bisa mengatakan bahwa kehadiran ayah merupakan pemicu kecerdasan anak. Namun, diperkirakan, interaksi ayah-anak yang berkualitas membantu mendidik anak untuk memiliki pandangan hidup yang lebih positif serta melihat dunia sebagai kesempatan yang luas. Ini dibandingkan cara pandang anak-anak yang tumbuh besar tanpa ayah.

Ini bukan penelitian pertama yang mengungkap efek positif dari kehadiran serta keterlibatan ayah terhadap hidup anak. Penelitian tahun 2002 mengatakan, anak-anak yang tumbuh di dalam keluarga yang ayahnya aktif terlibat dalam keluarga, lebih suka belajar dan aktif dalam kegiatan sekolah.

Di tahun 2012, sebuah penelitian mengatakan, bila ayah terlibat dalam tumbuh kembang, anak perempuannya akan memiliki kepercayaan diri serta kepuasan hidup yang lebih baik di masa dewasanya.

Jadi, mari ajak suami lebih terlibat dalam keseharian si kecil, yuk!

Sumber: 123rf

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )