Obat Untuk Anak Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian Jarak Jauh

1528959613770
  • share line
  • share bbm
Obat Untuk Anak Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian Jarak Jauh

Setiap ibu yang punya anak balita pasti tahu bahwa barang bawaan saat pergi jarak jauh, misalnya road trip atau mudik, banyaknya seperti orang mau pindahan. Tapi di antara barang-barang itu, obat-obatan dasar mungkin terlewatkan. Dalam rangka menerapkan prinsip sedia payung sebelum hujan, tak ada salahnya membawa beberapa obat-obatan dasar untuk anak-anak. Ini yang biasanya saya bawa untuk pergi lumayan jauh.

Parasetamol

Penurun demam dan pereda nyeri, obat satu ini wajib selalu ada. Untuk bepergian, saya lebih suka dalam bentuk drop karena lebih praktis ketimbang sirup yang berisiko tumpah saat dituang ke sendok di atas mobil yang sedang berjalan. Tinggal sesuaikan saja dosisnya dengan berat badan anak.

Baca juga: 

9 Resep Obat Alami Dari Dapur Anda

Lacto-B

Lebih tepat disebut suplemen ketimbang obat, Lacto-B jadi andalan saat diare karena berisi bakteri baik sehingga membantu menyeimbangkan jumlah bakteri dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Karena rasanya enak, anak saya sering minta tambah kalau sudah habis satu sachet. Tak saya beri, tentu saja.

Baca juga: 

Atasi Nyeri Sendi Secara Alami Dan Tanpa Minum Obat

Cetirizine

Obat ini sebenarnya diresepkan oleh dokter, namun tetap saya bawa untuk jaga-jaga, meskipun (thankfully) tidak pernah dipakai selama bepergian. Cetirizine, menurut WebMD, adalah antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti gatal-gatal, mata berair, hidung berair, kemerahan, dan lain-lain, yang bekerja dengan memblokir histamin yang dibuat oleh tubuh selama reaksi alergi. Merek yang biasa saya beli adalah merek Ozen atau Ryvel dalam bentuk drop. Dokter anak saya meresepkan ini karena si kecil punya riwayat alergi, sehingga saya tidak menyarankan Anda untuk membeli bebas.

Bawaan lain yang wajib ada tapi tak termasuk obat minum yaitu Vicks VapoRub yang jadi andalan dari zaman ibu saya untuk membantu mengatasi hidung mampet karena pilek, cairan antiseptik seperti Betadine, serta sunscreen, walau bukan obat. Kenapa sunscreen wajib? Well, efek sinar matahari begitu buruknya bagi manusia dewasa, apalagi bagi anak-anak. Kalau Anda, obat apa saja yang biasanya dibawa?

Foto: Pribadi

Tag:
obat, anak, mudik, obat-obatan
  • share line
  • share bbm
heart 0 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK