Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

Jika Si Kecil Mulai Suka Menggigit Saat Menyusui

2016-11-28 10:00:28.571719

¯¯¯¯¯

Menyusui saat bayi sudah memiliki gigi menjadi sebuah tantangan baru. Anda jadi khawatir mengalami gigitan saat menyusui bayi Anda. Terdengar menyeramkan, tapi bukan berarti Anda mulai menyapih si kecil, ya (jika memungkinkan tetap beri ASI eksklusif hingga dua tahun). Ini hanya sebuah ketakutan yang dialami semua ibu yang baru menyusui. Tak hanya itu, kadang bayi yang baru memiliki gigi juga gemar membuat gerakan mengunyah saat sedang menyusu dan menarik-narik puting ibu. Mungkin ini hal yang menyenangkan bagi mereka, tapi tidak bagi kebanyakan ibu menyusui. 

Menurut Kelly Mom, sebuah situs parenting untuk ibu menyusui, bayi Anda tidak mungkin menggigit saat mereka benar-benar sedang menyusu. La Leche League International juga sependapat dengan hal ini, saat bayi menelan ASI dari payudara ibu, mereka tidak memiliki cara untuk menggigit Anda. Kemungkinan bayi akan menggigit ketika mereka telah berhenti mengisap.

Dr William Sears dari situs Parenting mengatakan, gigitan bayi saat Anda sedang menyusui sering terjadi pada akhir sesi menyusui, ketika bayi Anda tidak lagi mengisap. Selain itu kemungkinan lain bayi mengigit payudara adalah ketika mereka bosan, membutuhkan perhatian, atau saat dalam proses pertumbuhan gigi. Memberikan perhatian kepada si kecil saat menyusui bisa menghindari Anda dari gigitannya. Dr William Sears memberikan beberapa tips saat bayi mulai menggigit payudara Anda yaitu:

Kendalikan reaksi terhadap gigitan

Yang paling penting untuk menghadapi gigitan si kecil saat menyusui adalah reaksi Anda. Wajar saja jika Anda kaget dan spontan berteriak "Oow!"--ini juga sering terjadi pada saya. Tetapi reaksi ini bisa berisiko membuat bayi menjadi terkejut dan bahkan membuat bayi trauma sehingga mogok menyusu. Jadi sebisa mungkin jangan berteriak saat Anda merasa sakit dengan gigitan mereka. 

Mendorong kepala bayi ke arah payudara

Sedikit trik yang saya lakukan ketika bayi menggigit, yaitu mendorong kepala bayi ke arah payudara bukan memaksanya untuk melepas dari payudara. Memaksa bayi melepas payudara saat sedang menggigit kemungkinan akan membuat payudara Anda terasa lebih sakit. Mendekatkannya ke arah payudara malah akan mempermudah bayi Anda melepaskan gigitannya.

Kenali tanda bayi sudah kenyang 

Saat bayi sudah kenyang, biasanya mereka hanya ingin bermain-main dengan menggigit payudara Anda. Sebelum ia menggigit, Anda hanya perlu mengenali tanda bayi telah kenyang dengan ASI. Hentikan kegiatan menyusui jika bayi sudah memperlambat intensitas mengisapnya.  

Memencet hidung si kecil beberapa detik

Tips tambahan yang cukup berhasil. Sebuat trik yang diajarkan kebanyakan orang tua kepada anak-anaknya yang baru menyusui. Cara ini juga berhasil saya terapkan, yaitu memencet hidung si kecil. Segera tekan perlahan hidung si kecil saat ia mulai menggigit payudara Anda. Memencet hidung si kecil tidak akan menyakitinyadan akan membuatnya melepaskan gigitannya.

Selamat menyusui.

 

  •   0
  •   0
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download