Ibu Hamil yang Didiagnosis Depresi dan Bipolar Memandang Ekspresi Anak Secara Berbeda

1539482420239
  • share line
  • share bbm
Ibu Hamil yang Didiagnosis Depresi dan Bipolar Memandang Ekspresi Anak Secara Berbeda

Bagaimana reaksi Anda jika melihat si kecil sedang menangis? Sebuah studi terkini menyebutkan, ibu hamil yang mengalami depresi dan didiagnosis bipolar memiliki pandangan berbeda terhadap emosi yang ditunjukkan oleh anak, baik saat menangis atau tertawa. Hasil penelitian ini dipresentasikan di European College of Neuropsychoparmacology (ECNP) Congress yang berlangsung pada 6-9 Oktober lalu di Barcelona.

Data menyebutkan, hampir 8% penduduk di negara Uni Eropa mengalami depresi dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Wanita yang mengidap depresi tercatat sebanyak 9,7% atau 50% lebih tinggi dibandingkan kaum pria. Di samping itu, terdapat lebih dari 5,1 juta kelahiran bayi di Uni Eropa setiap tahunnya, angka ini termasuk bayi yang lahir dari ibu yang mengalami depresi atau didiagnosis bipolar selama proses kehamilan.


Baca juga: 

Ini Dampak Berbahaya Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil


Penelitian yang dipublikasikan di situs resmi European College of Neuropsychoparmacology ini melibatkan 22 ibu hamil dengan riwayat depresi dengan 7 orang di antaranya didiagnosis bipolar, 28 ibu hamil yang tidak memiliki riwayat depresi atau gangguan psikologis, serta 18 wanita yang tidak sedang hamil. Seluruh partisipan dalam ketiga kategori ini dinyatakan sehat secara fisik.

Saat memasuki masa kehamilan di minggu ke-27 dan 39, para partisipan diminta untuk menilai ekspresi wajah bayi dan orang dewasa, baik yang terlihat bahagia ataupun sedih. Tidak hanya ekspresi wajah saja, para partisipan juga diminta untuk menilai dari segi suara.

Depresi dapat berpengaruh pada cara ibu hamil dalam merespon emosi anak (Sumber: Parenting Journals)

Dari penelitian ini, dihasilkan dua kesimpulan utama. Pertama, ibu hamil yang memiliki gangguan bipolar cenderung mengalami kesulitan dalam mengenali semua jenis ekspresi wajah. Mereka juga cenderung memberikan penilaian positif terhadap ekspresi wajah bahagia. Poin kedua, yakni ibu hamil dengan riwayat depresi menunjukkan penilaian negatif terhadap ekspresi wajah bayi dan orang dewasa. Mereka juga memberikan penilaian yang lebih negatif terhadap suara tangisan bayi.


Baca juga: 

Mitos Atau Fakta: Ibu Hamil Pantang Makan Daging Kambing


"Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa ibu hamil dengan riwayat depresi atau bipolar memproses sinyal emosi berupa ekspresi wajah atau suara dengan sangat berbeda, walaupun pada saat pengujian mereka tidak sedang dalam kondisi depresi atau manic," papar pimpinan riset, Dr Anne Bjertrup dari Rigshospitalet, Copenhagen, Denmark.

"Perbedaan ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam mengartikan dan merespons sinyal emosi anak mereka nantinya," sambung Bjertrup.

Ibu hamil yang mengidap depresi atau bipolar merespon tangisan anak dengan berbeda (Sumber: Tesco Baby)

Bjertrup menambahkan, karena penelitian ini dilakukan pada saat partisipan tengah hamil, maka diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efek jangka panjang terhadap perkembangan psikologis anak nantinya.

(Sumber cover: She Knows)

Tag:
hamil, depresi, bipolar, bayi, ibu, penelitian, riset
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK