Dukungan Penuh Harus Diberikan Kepada Wanita Agar Dapat Berikan ASI Ekslusif

1537095614710
  • share line
  • share bbm
Dukungan Penuh Harus Diberikan Kepada Wanita Agar Dapat Berikan ASI Ekslusif

Bagi wanita yang tidak bekerja—atau bekerja di rumah—dan memang dianugerahi dengan ASI melimpah, memberikan ASI eksklusif pada bayinya mungkin bukan perkara sulit. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada semua wanita.

Laporan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa sebagian besar wanita secara bertahap mulai menyapih bayinya—alias tidak memberikan ASI eksklusif—sebelum bayi mereka berusia enam bulan. Padahal, idealnya bayi mendapatkan ASI selama sekurang-kurangnya satu tahun.

ASI eksklusif sebaiknya diberikan hingga anak berusia minimal satu tahun (Beautiful Breastfeeding)

Laporan menggunakan data empat juta bayi yang lahir pada 2015 dan ibu mereka di Amerika. Dari sebanyak 83% wanita yang memberikan ASI eksklusif, jumlah tersebut akan semakin berkurang hingga tinggal 57,6% yang masih menyusui bayinya di usia enam bulan dan akhirnya pada 12 bulan tersisa 36%.

Penurunan angka pemberian ASI eksklusif ini tidak hanya disebabkan dari ketidakmauan si ibu untuk menyusui anaknya, tetapi juga lingkungan di rumah dan pekerjaannya. Banyak yang belum paham bahwa menyusui tidak hanya membutuhkan kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Baca juga: 

5 Trik 'Me Time' Walau Sedang Memberikan ASI Eksklusif

“Ibu membutuhkan akomodasi di tempat kerja dan kesinambungan perawatan melalui layanan menyusui yang konsisten, kolaboratif, dan berkualitas tinggi. Mereka membutuhkan dukungan dari dokter, konsultan laktasi, dan konselor sebaya,” ujar Dr. Ruth Petersen, direktur CDC's Division of Nutrition, Physical Activity and Obesity.

Tidak semua wanita mudah memberikan ASI eksklusif pada anaknya (FirstCry Parenting)

ASI sangat penting karena membantu mengembangkan ikatan antara anak dan ibu, selain juga memberikan sejumlah manfaat bagi bayi karena kandungan antibodi, protein, dan sel kekebalan yang membantu mencegah mikroorganisme menembus jaringan tubuh. Untuk wanita, pemberian ASI eksklusif juga dapat menurunkan risiko stroke di kemudian hari.

Cover: Getty Images

Tag:
ASI, ASI eksklusif, dukungan, ibu, bayi, lingkungan, kesehatan mental
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK