Cara Benar Mensterilkan Botol Bayi
Parenting

Cara Benar Mensterilkan Botol Bayi

Sistem imun dalam tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga ia butuh perlindungan ekstra. Ancaman kesehatannya bisa datang dari mana saja, termasuk dari botol susu yang si kecil gunakan. Jika Anda menggunakan botol untuk menyimpan ASI, usahakan untuk membersihkannya secara menyeluruh demi mencegah kuman berkembang biak. Masih bingung bagaimana cara mensterilkan botol bayi dengan sempurna, ada 3 cara yang bisa Anda terapkan.

Direbus
Merebus botol bayi dengan air adalah metode yang sudah diajarkan dari nenek dan ibu Anda. Air panas dipercaya dapat membunuh kuman yang ada di dalam botol. Apalagi banyak botol bayi yang saat ini sudah dibuat dengan material yang tahan panas. Tapi berapa lamakah waktu yang ideal untuk merebus botol bayi? Ikuti langkah-langkahnya.
1. Bilas botol bayi dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa susu.
2. Tempatkan dalam panci berisi air yang sudah ditaruh di atas kompor. Tinggi air harus menutupi seluruh badan botol.
3. Nyalakan kompor untuk merebus air selama 5 menit.
4. Kemudian matikan kompor dan biarkan air agak mendingin.
5. Jangan lupa, sebelum mengangkat peralatan botol bayi, cuci dulu tangan Anda, ya.

sumber: raisingchildren

Menggunakan sabun cuci untuk botol bayi
Mencuci botol bayi dengan sabun cuci biasa tidak dianjurkan, karena kandungan kimianya yang tinggi. Saat ini sudah banyak dijual di pasaran berbagai mereka sabun cuci khusus untuk botol bayi. Cara membersihkan botol ini sama seperti mencuci piring. Cukup gunakan sabun cuci secukupnya pada botol bayi, kemudian bilas hingga bersih.

sumber: babywalker

Diuap atau dikukus
Cara ini banyak dipakai oleh para ibu yang takut merebus langsung botol bayinya. Hampir sama seperti mengukus makanan, botol bayi diletakan pada alat kukus dengan temperatur yang tinggi. Biasanya pada alat kukus ini sudah tersedia aturan pemakaian yang bisa Anda ikuti. Selain itu, jika botol tidak langsung digunakan, perhatikan juga berapa lama Anda bisa menyimpan botol bayi di dalam alat tersebut.

sumber: ibabyland
 

  • 0
  • Komentar ( 0 )