5 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Si Kecil Kecanduan Televisi

1505635215659
Article by ImeldaRahma | Editor
  • Share
5 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Si Kecil Kecanduan Televisi

Menonton televisi bisa membuat si kecil duduk anteng, tapi cara ini tak dianjurkan untuk membuat anak Anda tenang. Meski begitu, terkadang Anda memilih televisi sebagai alat hiburan anak. Apalagi saat ini semakin banyak saluran televisi yang katanya aman untuk anak-anak.

Ini yang bisa Anda lakukan agar aktivitas menonton televisi tak jadi candu bagi si kecil.

Baca juga: 

6 Bahaya Terlalu Lama Menonton TV bagi Anak-anak

1. Jangan memberi makan anak saat menonton televisi
Anak-anak cenderung picky eater, sehingga orang tua merasa kesulitan saat memberi makan. Untuk mengalihkan perhatian anak dan membuatnya makan tanpa melihat isi makanan tersebut, biasanya orang tua menggunakan televisi sebagai alat pengalihan. Namun, hati-hati! Menonton televisi dapat mempengaruhi respons anak-anak sehingga bisa membuat mereka overeating. Menurut Lori Francis, PhD, dari Pennsylvania State University, jika tindakan ini jadi kebiasaan bisa membuat anak terancam obesitas.

sumber: kidsworld

2. Jangan menonton iklan
Anda bisa memilih menonton tayangan yang sudah direkam atau film tanpa iklan. Mengapa? Ternyata iklan berdampak buruk bagi anak-anak. Berdasarkan penelitian tahun 2006 oleh Institute of Medicine, iklan berpengaruh besar terhadap kesehatan anak-anak. Pasalnya, iklan yang ditonton biasanya iklan snack atau makanan tak sehat yang membuat anak ingin mencobanya.

3. Tentukan batas waktu menonton
Untuk mencegah anak kecanduan nonton televisi, terapkan batas waktu. Misalnya, ia hanya boleh menonton tayangan Mickey Mouse di Disney Channel. Sehabis tayangan itu habis, segera matikan televisi sebelum anak sempat menonton tayangan selanjutnya.

sumber: medimoon

4. Pilih program yang sesuai
Berapa umur anak Anda? Kemudian pilih program yang sesuai dengan umurnya. Meskipun banyak saluran yang mengkhususkan diri pada tayangan anak-anak, tidak semuanya sesuai dengan umur. Misalnya, tayangan di Disney Channel pasti berbeda dengan Cartoon Networks yang mayoritas isinya lebih menyasar usia di atas 12 tahun.

5. Temani anak nonton
Cara paling baik untuk mengawasi tayangan yang ditonton si kecil aman atau tidak adalah dengan menonton bersamanya. Televisi bisa menjadi penyebab kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua. Maka dengan nonton bersama si kecil, Anda justru menggunakan sesi nonton televisi untuk mendekatkan diri dengan anak.

sumber: childdevelopment

 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )