Tips Berdonasi di Tengah Pandemi
15 July 2021
Di masa serba sulit, nggak ada salahnya ulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan, berbagi sedikit rezeki dari kita yang lebih beruntung. Kalau Anda ingin membantu, ini beberapa tips berdonasi di tengah pandemi.

Setiap hari, ada saja berita duka yang kita lihat di media sosial. Namun, setiap hari juga ada orang-orang baik yang mengajak berdonasi dan berbagi selama pandemi ini. Di masa serba sulit, nggak ada salahnya ulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan, berbagi sedikit rezeki dari kita yang lebih beruntung. Kalau Anda ingin membantu, ini beberapa tips berdonasi di tengah pandemi.

1.       Bantu semampumu

Mau donasi dan menyumbang tentu baik. Namun harus sesuai kemampuan, ya. Jangan sampai kebutuhan Anda sendiri terlewatkan. Boleh juga buat alokasi dana setiap bulannya. Misalnya untuk donasi 200 ribu di bulan ini, dengan mengurangi biaya jajan kopi atau beli makeup/baju. Bila belum sanggup, kurangi jumlah donasinya atau, ya, bantu share saja nggak apa-apa.

2.       Bantu dari yang terdekat

Sebelum cek kitabisa atau bantu penggalangan dana di media sosial, cek lingkup terdekat Anda. Dari teman, keluarga, atau tetangga/kawasan rumah. Misalnya, donasi untuk teman/keluarga yang sedang isoman, bila ditbutuhkan. Bisa juga beli makanan di warung dekat rumah, beri tip kepada ojol yang mengantar pesanan makanan Anda, atau boleh juga bagi-bagi sembako ke ojek pangkalan dekat rumah atau kantor Anda.

3.       Donasi kepada yang dekat di hati

Anda boleh donasi ke mana saja atau kepada siapa saja yang menurut Anda perlu dibantu, tidak ada benar atau salah. Boleh lho, donasi ke penerima yang ‘dekat di hati’, apakah itu shelter yang mengurusi anjing/kucing liar, ke panti asuhan/panti wreda, bisa juga ke badan yang mengelola tabung oksigen, donasi APD kepada nakes, penggalangan dana untuk area padat penduduk berpenghasilan rendah, dapur umum, atau ke perorangan. Pilih yang mana saja, tidak masalah.

4.       Cek kredibilitas

Maksud Anda baik, tetapi nggak ada salahnya cek dan ricek kredibiltas penggalang dana atau penerima donasi. Niat baik memang tidak akan sia-sia, tetapi Anda juga bisa memastikan donasi Anda sampai ke tangan yang tepat, bukan ke orang-orang tidak bertanggung jawab.

5.       Sebarkan

Tidak perlu tag/mention siapa-siapa, Anda selalu bisa bagikan informasi penggalangan dana/kebutuhan donasi di lini masa media sosial Anda, atau sesekali ke wag. Namun, tidak perlu sampai spamming dan sepanjang hari share ke wag 1001 informasi penggalangan dana, ya. Jangan bikin orang lain kesal karena notifikasi terus menerus dari Anda.

 

Cover: 123RF

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail