Sontekan Seputar Bulan Ramadan Untuk Anda Para Vlogger Di YouTube
05 May 2017
Di era yang serba digital ini, semakin banyak bermunculan vlogger< ...

Di era yang serba digital ini, semakin banyak bermunculan vlogger yang mengunggah videonya di YouTube dan media sosial dengan tren yang menampilkan kehidupan sehari-hari, kehidupan saat traveling, hingga tutorial makeup. Lalu bagaimana dengan tren video di bulan Ramadan?

 

(Sumber : giphy)

Tak perlu bingung memikirkan, karena kami punya sontekannya. Menurut data yang dikeluarkan oleh Google pada Press Briefing Ramadan Insights 2017, Kamis (4/5/17) lalu, waktu tonton di YouTube pada Ramadan tahun lalu tercatat meningkat hingga 5 kali lipat.

Seperti yang juga dikatakan sebelumnya oleh Ariani Dwijayanti, Senior Industry Analyst Google Indonesia, terdapat perbedaan dan perubahan perilaku konsumen selama bulan Ramadan, khususnya dalam penggunaan internet yang tak terkecuali termasuk YouTube. “Terdapat 6 minggu yang masing-masing menampilkan ciri yang berbeda-beda. Karena itu sebuah brand harus dapat membangun pesan yang relevan untuk tiap periode tersebut,” tambahnya.

Berdasarkan data tersebut, seorang vlogger seperti Anda tentu harus memerhatikan dan menimbang konten yang akan dipublikasikan demi menjaga popularitas, bukan? Nah, bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk Anda para vlogger yang ingin memikat hati dan mata para penonton setia. 

Berdasarkan riset Google seputar tren pencarian YouTube, musik dan entertainment menjadi konten paling populer tahun lalu. Namun pencarian video seputar keagamaan, kuliner, dan kecantikan juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Konten keagamaan seperti 'kultum' (kuliah tujuh menit) terlihat meningkat hingga 5 kali lipat selama bulan Ramadan tahun lalu. Temuan lainnya juga terjadi pada video kuliner, di mana kata ‘rendang’ menduduki posisi tertinggi dalam pencarian YouTube di tahun 2016, bahkan mengalahkan si legendaris ‘opor ayam’!

Tidak berbeda jauh dengan pencarian Google saat bulan Ramadan tahun 2016, pencarian kata ‘cantik’ dan ‘hijab’ terus meningkat dibanding bulan-bulan lainnya. Nah, mungkin ini bisa jadi acuan bagi para vlogger atau Anda yang ingin jadi vlogger dadakan, jika berharap videonya ditonton dan digemari oleh banyak orang. Anda bisa memilih konten seperti resep praktis rendang, makeup cantik saat puasa, atau tutorial hijab simpel nan elegan.

 

(Sumber : Dialymoslem)

Satu hal penting yang juga tidak boleh Anda lupakan sebagai seorang vlogger, yaitu memasukkan kata-kata terpopuler bulan Ramadan tersebut sebagai keyword untuk video yang ingin dipublikasikan di akun YouTube maupun media sosial Anda nanti, ya!

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail