Perenang Legendaris Michael Phelps Akhirnya Pensiun
16 August 2016
Perenang Amerika, Michael Phelps, menyatakan tak akan ikut Olimpiade lagi pada tahun 2020. Olimpiade tahun ini, ungkapnya, akan menjadi Olimpiade terakhirnya. Pada Olimpiade Rio, ia berhasil meraih ...

Perenang Amerika, Michael Phelps, menyatakan tak akan ikut Olimpiade lagi pada tahun 2020. Olimpiade tahun ini, ungkapnya, akan menjadi Olimpiade terakhirnya. Pada Olimpiade Rio, ia berhasil meraih 5 medali emas dan 1 perak. “Ini yang saya inginkan untuk menyelesaikan karier saya. This is the cherry that I wanted to put on the top of the cake," katanya.

Namun rekan senegara Phelps, Ryan Lochte, mengatakan jika ia dan Phelps akan kembali lagi pada Olimpiade 2020 di Tokyo. “Phelps pernah mengatakan hal yang sama usai Olimpiade 2012 di London dan saya adalah satu-satunya orang yang bilang dia akan kembali di Olimpiade Rio dan kini ia kembali lagi,” ujar Lochte. Namun Phelps mengklarifikasi atas apa yang diucapkan Lochte. “Tidak, saya tidak akan kembali empat tahun lagi,” tegasnya lagi.

Phelps memang layak disebut legenda. Selama ini Phelps ikut dalam 5 kali penyelenggaraan Olimpiade sejak tahun 2000 dan berhasil mengumpulkan 28 medali—23 di antaranya adalah medali emas. Namun bukan hanya semua medali ini yang membuatnya layak disebut legenda, namun karena ia banyak menginspirasi para perenang muda di seluruh dunia.

Salah satu diantaranya adalah perenang asal Singapura, Joseph Schooling, yang berhasil mengalahkan Phelps pada lomba renang 100 meter gaya kupu-kupu di Olimpiade Rio. Saat Joseph berusia 14 tahun, ia bertemu dengan Phelps di sebuah training camp di Singapura dan berfoto bersamanya. “Ia adalah alasan mengapa saya ingin menjadi perenang hebat,” kata Joseph. Siapa sangka delapan tahun kemudian, Joseph berhasil mengalahkan idolanya tersebut. Mau tahu komentar Phelps atas kemenangan Joseph? “Saya bangga dengan Joseph. Saya senang mendapat kesempatan melihat ia berkembang menjadi perenang yang bagus.”

Atlet muda lain yang terinspirasi oleh Phelps adalah perenang asal Amerika, Katie Ledecky, yang kini berusia 19 tahun. Sama seperti Joseph, Katie juga pernah berfoto bersama Phelps saat masih anak-anak. Berkat kerja kerasnya, Katie menjadi rekan satu tim Phelps pada Olimpiade London 2012 dan meraih emas pertamanya di usia 15 tahun. Tahun ini, Katie kembali di Olimpiade Rio dan meraih empat medali emas plus satu perak.
 
Dengan semua prestasi dan warisannya tersebut, Phelps memang layak disebut legenda.

Cover: Instagram

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail