Es Krim Ini Dibuat Dari Sisa Makanan, Berani Coba?
19 June 2017
Penasaran akan rasa es krim yang dibuat dari sisa-sisa makanan? Anda ...

Penasaran akan rasa es krim yang dibuat dari sisa-sisa makanan? Anda bisa menemukan jawabannya dengan membeli es krim di sebuah toko di Oregon, Amerika. Salt & Straw merupakan toko es krim yang mengolah sisa-sisa makanan menjadi es krim lezat. 

Jangan terburu mengernyitkan dahi karena es krim tersebut layak makan, kok. Lagipula sisa-sisa makanan yang digunakan bukanlah sisa-sisa makanan yang sudah terdapat di dalam tong sampah, melainkan sisa makanan dari home industry yang tidak dipakai namun masih dalam kondisi prima. 

Salt-Cured Backyard Citrus Creamsicle (sumber: self)

Menurut Tyler Malek, co-founder Salt & Straw, keputusan membuat es krim tersebut datang dari kekhawatiran mereka akan limbah makanan yang terus menerus meningkat. Setiap tahunnya, sekitar 1,3 miliar makanan dibuang secara sia-sia. Menurut Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) data ini terus bertambah tiap tahunnya, meskipun masih tetap ada ancaman kelaparan di negara-negara berkembang. 

“Fakta bahwa kita membuang begitu banyak makanan meskipun banyak orang yang kelaparan adalah hal yang buruk. Pembuatan es krim ini adalah cara kreatif untuk membuat orang-orang sadar akan hal tersebut,” ujarnya seperti dilansir dari situs Self.

Misi Salt & Straw ini juga didukung oleh organisasi nirlaba, Urban Gleaners, Food Forward, dan Food Runners. Bahkan mereka memberikan nama khusus untuk produk es krim yang dibuat dari sisa makanan tersebut, yaitu June Rescued Food Series. 

Banana Bread Pudding (sumber: instagram/saltandstraw)

Meskipun dibuat dari sisa makanan, es krim tersebut dibuat dengan sungguh-sungguh. Misalnya Salt-Cured Backyard Citrus Creamsicle yang dibuat dari buah-buahan lemon, jeruk, dan limau yang dikumpulkan dari ratusan perkebunan di daerah Los Angeles. Buah-buahan tersebut direndam dalam air garam selama 3 hari untuk meredam rasa asamnya, lalu ditambahkan ke dalam es krim vanilla. Kabarnya, buah-buahan yang tidak lolos seleksi di perkebunan itu akan berakhir di tempat sampah meskipun masih dalam kondisi yang baik.

Beda lagi dengan menu Roxie Road, yang dibuat dari sisa popcorn dari Mission District's Roxie Theater. Sisa popcorn tersebut dicampur dengan adonan es krim dan diberikan saus caramel. Ada juga menu Banana Bread Pudding yang dibuat dari sisa-sisa roti dari bakery. Yum! Yang mana yang mau Anda coba?

Roxie Road (sumber: instagram/saltandstraw)

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail