Demi Konservasi, Aktivitas Wisata di Pulau Komodo Akan Ditutup Selama Setahun Mulai 1 Januari 2020
13 June 2019
Demi menata kembali habitat komodo, Pulau Komodo rencananya akan ditutup mulai 1 Januari 2020

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Alam menyepakati, Pulau Komodo akan ditutup bagi aktivitas wisatawan baik itu lokal maupun asing mulai 1 Januari 2020 mendatang. Penutupan tempat wisata tersebut dilakukan pasca kasus penyelundupan 41 bayi komodo yang diungkap oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur, yang memberikan kesan buruk bagi Indonesia. Selama penutupan juga akan dilakukan pembenahan berupa peningkatan SDM yang mengawasai dan mengamankan kawasan di dalam Taman Nasional Komodo tersebut.

Pulau Komodo merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Penutupan tersebut dilakukan demi kepentingan keberlangsungan hidup reptil komodo. Termasuk di dalamnya antara lain upaya menambah populasi rusa sebagai makanan pokok komodo, pengembangan fasilitas pendukung, serta mengembangbiakan tanaman endemik asli Nusa Tenggara Timur di dalam area Pulau Komodo. 

Tidak kalah penting, tujuan penutupan sementara Pulau Komodo ini juga dimaksudkan untuk pendataan populasi komodo, mengetahui posisi atau keberadaan komodo, dan mengurangi resiko ancaman bahaya penyerangan oleh komodo terhadap pengunjung.

Seperti dikutip dari Kumparan, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, menyebutkan bahwa penataan Pulau Komodo bertujuan kesejateraan masyarakat dalam kawasan TNK. Pemerintah Provinsi NTT juga menginginkan Pulau Komodo kembali seperti semula dengan alam yang indah. Apalagi Pulau Komodo merupakan daerah konservasi kelas dunia. 


Buat Anda yang belum sempat berkunjung ke destinasi wisata ini, jadwalkan mampir sebelum ditutup, yuk! Namun kalau Anda tidak berencana mengunjunginya dalam waktu dekat, Anda juga masih bisa liburan ke Pulau Komodo setelah dibuka kembali, kok. Selain itu, Anda penutupan hanya dilakukan di area Pulau Komodo saja, lho, sementara obyek wisata lainnya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) masih dibuka untuk wisatawan.

Penutupan Pulau Komodo ini juga bersifat sementara, karena akan dilakukan selama setahun saja. Wisatawan domestik maupun mancanegara sudah bisa mengunjungi Pulau Komodo kembali di tahun 2021!

Cover: 123 RF

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail