Demi Keberuntungan, Ini 5 Tradisi Unik Selama Perayaan Imlek
23 January 2019
Keluarga saya termasuk keluarga yang masih menjalankan tradisi-tradisi selama perayaan

Keluarga saya termasuk keluarga yang masih menjalankan tradisi-tradisi selama perayaan Imlek. Tradisi ini sebenarnya punya makna yang baik karena sebenarnya perayaan Imlek sendiri merupakan perayaan tahun baru atau Chinese New Year. Lalu, tradisi unik apa saja yang masih sering dirayakan?



1. Bersih-bersih rumah
Kalau kata nenek saya, membersihkan rumah berarti kita sedang membuang segala keburukan. Jadinya, keberuntungan bisa datang di tahun yang baru. Namun, Anda harus membersihkannya sehari sebelum perayaan Imlek dan tidak boleh membersihkan rumah tepat saat perayaan Imlek. Konon katanya, hal tersebut justru bisa membuang keberuntungan kita.

2. Mendekorasi rumah
Selain dibersihkan, saat menjelang perayaan Imlek, rumah juga didekorasi dengan warna serba merah, seperti lampion, yang melambangkan kesejahteraan dan keberuntungan. Bahkan, pintu, jendela, dan dinding rumah juga perlu dicat ulang, tidak harus merah, supaya bisa mendatangkan keberuntungan. 

3. Hidangan khas Imlek
Ini salah satu tradisi yang paling saya suka selama perayaan Imlek. Dalam keluarga saya, setiap perayaan Imlek kita selalu berkumpul di rumah nenek untuk makan bersama. Nah, setiap perayaan Imlek pula, ada beberapa hidangan khas Imlek yang dibuat. Biasanya ada 12 jenis makanan, yang melambangkan 12 macam shio dan punya makna yang baik dan berhubungan dengan keberuntungan. Misalnya, ayam utuh melambangkan kemakmuran keluarga, mie panjang umur, kue lapis legit, yang katanya agar rezeki kita tidak pernah habis. 



4. Serba baru
Mulai dari pakaian, sepatu, hingga rambut, semua harus baru. Tujuannya agar keberuntungan bisa datang di tahun baru Imlek. Namun, pakaian tersebut harus warna merah, yang melambangkan kemakmuran. 

5. Angpao
Kata Angpau sendiri berasal dari bahasa Hokkian, yang artinya ang (merah) dan pau (amplop/bingkisan). Tidak heran bila angpao harus dimasukkan ke dalam amplop warna merah, yang melambangkan kesejahteraan. Angpao hanya diberikan dari orang tua atau pasangan yang sudah menikah kepada anak-anak, misalnya kepada keponakan atau sepupu yang masih kecil. 

Nah, selain beberapa tradisi di atas, saya paling ingat, kata nenek saya, kalau saat perayaan Imlek turun hujan, berarti kita bakal dapat banyak rezeki, lho. Makanya, saya cukup senang kalau hujan turun saat perayaan Imlek. Kira-kira bakal hujan tidak, ya?

Sumber image: 123

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail