Apa Yang Paling Banyak Dicari di Google Selama Bulan Ramadan?
05 May 2017
Dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang kini sudah di depan mata,

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang kini sudah di depan mata, Google merilis data terbaru terkait penggunaan internet oleh konsumen Indonesia. Data ini ditemukan melalui riset tentang aktivitas YouTube dan Google selama Ramadan tahun lalu, yang tentu masih ada kaitan dan implikasinya terhadap tahun ini.

Ariani Dwijayanti, Senior Industry Analyst Google Indonesia, dalam Press Briefing Ramadan Insights 2017 pada Kamis (4/5/17) lalu mengatakan, “Volume pencarian di Google Search selama bulan Ramadan meningkat hingga 2 kali lipat dibanding dengan bulan lainnya.” Puncak pencarian ini terjadi pada minggu pertama bulan puasa dan minggu terakhir menuju hari raya Idul Fitri. Di tahun 2015 'tiket kereta api' adalah kata yang paling banyak dicari, sedangkan untuk tahun 2016 jatuh pada kata 'Al Quran' dengan volume pencarian yang meningkat hingga 9 kali lipat.

Lalu apa saja yang umumnya dicari di Google oleh orang Indonesia selama bulan Ramadan nanti?

1. Cara menjadi 'pribadi yang lebih baik'
Berdasarkan data dari Google, penelusuran untuk kata 'agama dan ibadah' meningkat hingga 75% dan 'berbuat baik' meningkat 13% dari tahun ke tahun. Menurut Ariani, hal ini juga yang mendasari terdapat perbedaan dan perubahan perilaku konsumen yang perlu diperhatikan oleh para pengiklan selama bulan Ramadan.

2. Cara menjadi 'cantik luar dalam'
Mengingat akan terdapat banyak social event di bulan puasa nanti, mulai dari buka puasa bersama teman-teman SMA, reuni alumni '88, sampai geng arisan hebring, pencarian 'cantik luar dalam' menjadi sangat penting. Mereka, khususnya perempuan, yang menyebabkan meningkatnya volume pencarian kata tersebut di Mbah Google. 'Tutorial hijab', 'puasa sehat', 'kulit kering', menjadi beberapa keyword yang paling dicari orang selama bulan Ramadan, karena konsumen ingin selalu tampil fresh dan cantik luar dalam saat menghadiri beragam acara nanti meskipun sedang menjalankan puasa.

 

(Sumber : Caramemakaijilbabala)

3. Kuliner
Makan bersama, khususnya berbuka puasa menjadi momen yang istimewa selama bulan Ramadan. Pencarian seperti 'menu sahur' dan 'menu buka' hingga 'resep kue kering' pun meningkat. Bukan hanya itu, momen-momen khusus Ramadan, seperti 'sahur on the road' dan 'ngabuburit' pun meningkat hingga 16 kali lipat.

4. Diskon dan promosi
Tak dapat dipungkiri lagi, bulan Ramadan tentu banyak keperluan yang ingin dibeli, baik untuk diri sendiri maupun sanak saudara di kampung asal Anda. Pencarian promosi di bulan Ramadan, khususnya minggu di mana Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya turun, mencatat angka tertinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya. Angka pencarian promo di Google saat bulan Ramadan ini bahkan mengalahkan angka pencarian saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

 

(Sumber : Indianwomenblog)

Cover : Digitaltrends
 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail