7 Trik Membuat Foto Makanan Menggiurkan Untuk Instagram
29 January 2017
  Makin keren foto yang Anda tampilkan, makin banyak ‘love’ atau ‘like’ yang Anda dapatkan. Siapa tahu ada produk makanan y ...

 

Makin keren foto yang Anda tampilkan, makin banyak ‘love’ atau ‘like’ yang Anda dapatkan. Siapa tahu ada produk makanan yang melirik untuk menjadi sponsor. Cek 7 trik dari top food blogger ini dalam mengambil foto makanan. 

1. Gunakan cahaya natural

Usahakan memotret pada siang hari. Pilih meja yang berdekatan dengan jendela. Carilah cahaya tidak langsung yang lembut. Kenali cahaya ini dengan melihat bayangan benda. Bila bayangan benda pendek, cahaya tersebut pas untuk dipakai. Sebaiknya Anda memotret pada pagi (sebelum pukul 11.00) atau sore (setelah pukul 15.00), atau di area luar restoran (outdoor).

2. Minimalisasi bayangan

Pastikan makanan Anda terlihat menggiurkan dengan mengambil zoom pada bagian yang kelihatannya paling enak pada makanan tersebut. Letakkan serbet/tisu berwarna putih, atau bisa pula wadah makanan stainless (yang memantulkan cahaya), pada bagian yang terkena bayangan. Cara ini membuat makanan semakin tampak terang dan menggugah selera.

3. Tangkap setiap detail

Jika makanan yang Anda foto masih berasap, letakkan di depan cahaya. Kini Anda bisa memotret makanan lengkap dengan asap yang masih mengepul. 

4. Pilih latar belakang 

Pilih latar yang melengkapi warna makanan untuk memperkuat elemen tertentu yang ingin ditonjolkan. Contohnya, pilih warna latar merah atau oranye untuk menonjolkan  sayuran hijau. Anda bisa meminta pelayan restoran memegang makanan tersebut bila warna seragam mereka cocok dengan makanan yang ingin Anda abadikan.

 

5. Tidak harus sempurna

Terkadang makanan perlu sedikit trik untuk menambah keindahannya. Contohnya, gunakan garpu untuk memutar spaghetti sebelum memotretnya, potong steak untuk memperlihatkan sisi dalam daging yang juicy di foto, atau boleh juga menggigit burger sebelum membidiknya.

6. Go beyond food porn
Anda bisa memasukkan tangan orang yang sedang melahap makanan atau meja tempat makanan disajikan lengkap dengan peralatan makan dalam satu frame. Tangkaplah gambar seperti ini dengan angle dari atas. Para juru masak pun bisa jadi objek menarik untuk difoto.

7. Siapkan kamera

Gunakan settingmacro’ pada kamera biasa. Jika Anda memakai kamera SLR tapi tidak punya lensa macro, pilih close up filter untuk mengambil gambar sedekat mungkin dengan objek. Hindari wide angle lens. Bila ingin menggunakan zoom in, memotretlah agak jauh dari objek makanan. 

sumber cover: new york film academy

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail