Ternyata Ini Alasan Banyak Orang Sulit Lepas dari Toxic Relationship
22 July 2021
Sebenarnya mengapa orang-orang tetap bertahan dalam toxic relationship walaupun sudah terlihat tanda-tanda bendera merah?

Apakah Anda adalah salah satu penonton setia drama Korea Nevertheless? Drakor yang mengangkat topik toxic relationship ini berkisah tentang karakter Yu Na-Bi, yang diperankan Han So Hee, yang baru saja keluar dari hubungan beracun. Namun, ia bertemu dengan sosok Park Jae-Eon, yang diperankan Song Kang, yang ternyata cenderung “beracun” dalam hubungan asmara. Walaupun sudah diperingatkan oleh teman-temannya, tetapi Na-Bi tetap saja berhubungan dengan Jae-Eon. 

Sebenarnya mengapa orang-orang tetap bertahan dalam toxic relationship walaupun sudah terlihat tanda-tanda bahaya alias bendera merah?

Menurut psikolog kencan, Madeleine Mason Roantree, bendera merah dapat didefinisikan sebagai "sesuatu yang dilakukan pasangan Anda yang menunjukkan kurangnya rasa hormat, integritas, atau minat terhadap hubungan."

Jika Anda memiliki teman atau saudara seperti Na-Bi yang terjebak dalam hubungan beracun, maka jangan bersikap terlalu keras pada mereka. Menurut sains, ada alasan mengapa orang mengabaikan "tanda bahaya" dalam suatu hubungan.

Menurut penelitian, jatuh cinta membuat otak Anda tidak dapat menilai pasangan Anda secara akurat. Para peneliti menyimpulkan bahwa jatuh cinta menciptakan reaksi kimia yang membuat kita tetap terpikat pada orang itu terlepas dari perilaku buruk mereka.

Secara kimiawi, dopamin, oksitosin, vasopresin, dan norepinefrin menyala di otak Anda ketika Anda sedang jatuh cinta sehingga menyebabkan perasaan gembira dan bahagia. Hal ini membuat mereka merasa terikat dengan pasangannya. 

Beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah sejenis kecanduan. Ketika reaksi kimia itu mulai hilang, mereka pun akhirnya baru merasakan terjebak dalam hubungan beracun itu.

Psikolog, Susan Biali, M.D, menjelaskan pentingnya kesadaran terhadap situasi di sekitar Anda dengan mendengarkan intuisi dalam diri. “Mendengarkan naluri Anda atau secara sadar mengakui kebenaran (bahwa pasangan kita toksik), mungkin akan membuat Anda kecewa. Namun, hal ini lebih baik terjadi di masa sekarang untuk menghindari rasa sakit di masa depan," jelasnya

Tanda-tanda bahaya dalam suatu hubungan bervariasi dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, mendengarkan intuisi dalam diri dapat membantu Anda menghindari situasi seperti ini.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail