Perlukah Beritahu Perselingkuhan di Masa Lalu kepada Pasangan Baru Anda?
30 July 2020
Perselingkuhan memang bukan suatu hal yang membanggakan. Namun, jika Anda menyesalinya dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak pernah melakukannya lagi, perlukah untuk memberitahu pasangan baru kalau Anda pernah melakukannya?

Perselingkuhan memang bukan suatu hal yang membanggakan. Namun, jika Anda menyesalinya dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak pernah melakukannya lagi, perlukah untuk memberitahu pasangan baru kalau Anda pernah melakukannya?

Ahli hubungan, Louanne Ward, mengajukan pertanyaan kontroversial itu di halaman Facebook-nya dan meminta pendapat mengenai hal tersebut, baik kepada para wanita atau pun pria. Ada yang bersikeras bahwa pasangan harus terbuka satu sama lain, termasuk untuk urusan perselingkuhan di masa lalu. Namun, banyak juga yang berpendapat bahwa menjalin hubungan baru harus seperti 'membalik lembaran baru' dan masa lalu sebaiknya bisa dibiarkan saja tidak terungkap.

Seseorang berkata bahwa kejujuran mengenai perselingkuhan juga sangat tergantung dari pasangan Anda. Meski pasangan mengaku bahwa kejujuran adalah segalanya, tetapi bisa saja dia tetap tidak bisa menerima kejujuran yang menyakitkan mengenai perselingkuhan Anda di masa lalu. Jika Anda bisa memastikan bahwa pasangan memang bisa menerimanya, mungkin memang tidak ada salahnya untuk memberitahunya.

Seorang pria yang tidak setuju dengan hal itu, berpendapat, “Kenapa kamu ingin melakukan itu? Ini hanyalah akan menambahkan benih keraguan dan rasa tidak aman pada pasangan baru. Setiap hubungan sangat berbeda. Itu tidak relevan menurut saya”. Sementara pria lainnya mengatakan bahwa jujur mengenai perselingkuhan hanya akan menimbulkan argumen yang berlebihan.

Berbeda dengan pendapat para pria, seorang wanita berkata bahwa dirinya lebih suka dengan kejujuran dan apa pun yang dilakukan pasangan di masa lalu karena dia bisa mengetahui apakah pasangannya telah belajar dari kesalahan di masa lalu atau tidak.

Nah, menurut Louanne, ternyata memang inilah yang seharusnya dilakukan oleh setiap pasangan. “Ini memungkinkan pasangan memiliki kebebasan memilih untuk menerimanya atau tidak. Jika dia tidak bisa menerima Anda apa adanya saat berada di tahap awal hubungan, maka jangan berharap dia akan menerima Anda apa adanya di kemudian hari,” ujarnya.

Kalau Anda bagaimana? Jika pernah melakukan perselingkuhan di masal lalu, apakah akan memberitahukannya kepada pasangan yang baru?

Cover: quora.com

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail