Mengapa Banyak Perempuan Yang Bertahan Dalam Toxic Relationship? Ini Alasannya
01 December 2019
Mengapa Anda tidak ingin melarikan diri dari hubungan beracun? Inilah beberapa alasan mengapa Anda takut.

Mungkin Anda sudah tahu seperti apa toxic relationship atau hubungan beracun. Hubungan beracun yang dijalani oleh Anda dan pasangan biasanya tidak membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Namun, mengapa banyak orang--terutama perempuan--masih bertahan dalam hubungan macam itu?

Terkadang Anda tahu bahwa hubungan Anda tidak menuju ke mana-mana. Bahkan, Anda telah melihat semua tanda yang memperingatkan Anda. Namun Anda merasa sulit untuk melepaskannya. Bahkan pikiran untuk lepas dari hubungan macam itu, bisa membuat Anda merasa tidak berdaya dan lemas. Mengapa Anda tidak ingin melarikan diri dari hubungan beracun? Inilah beberapa alasan mengapa Anda takut.

1. Optimisme yang salah tempat
Tidak peduli betapa sulitnya hubungan Anda, Anda percaya bahwa Anda dapat membuat hubungan itu berhasil dengan membantu pasangan Anda berubah. Misalnya, dia tidak loyal kepada Anda, tetapi Anda selalu optimis bahwa ia akan segera menyadari 'kesalahannya' dan mengubah dirinya menjadi lebih loyal. Berhati-hatilah, terlalu banyak optimisme dapat membuat Anda buta terhadap kesalahan pasangan yang tidak dapat ditebus.

2. Takut akan kesepian
Rasa tidak aman dapat memaksa Anda untuk menanggung cobaan dan kesengsaraan dari hubungan beracun. Anda dapat merasa bahwa Anda dan pasangan semakin jauh, tetapi rasa takut akan kesepian membuat Anda melepaskan hubungan itu. Anda takut bahwa Anda akan berakhir sendirian dan bahwa tidak akan mampu mengatasinya sendiri.

3. Manipulasi pasangan
Jika pasangan Anda sadar bahwa Anda ingin meninggalkan hubungan, dia mungkin menggunakan berbagai metode manipulasi untuk memaksa Anda tetap tinggal. Manipulasi emosional, seperti meremehkan, merendahkan, atau bahkan ancaman kekerasan terhadap pasangan alternatif di masa depan, dapat digunakan untuk mempertahankan hubungan saat ini.

4. Adanya investasi bersama
Hambatan utama lainnya untuk meninggalkan hubungan yang buruk termasuk investasi bersama antara Anda dan pasangan. Pasangan yang menginvestasikan banyak waktu dalam suatu hubungan atau berbagi investasi finansial, seperti rumah atau anak-anak, bisa membuat Anda lebih mungkin untuk memilih tetap bersama.

5. Ketergantungan emosional
Anda bisa sangat tergantung secara emosional pada pasangan Anda, sedemikian rupa sehingga Anda tidak bisa melepaskan hubungan yang beracun ini dalam berbagai cara. Sebagai contoh, Anda tidak bisa berpikir untuk menghadapi krisis sehari-hari sendiri, tanpa pasangan Anda menyelesaikan masalah untuk Anda.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail