Ini Alasan Phubbing Bisa Merusak Hubungan Percintaan
03 March 2020
Berikut ini bahaya phubbing dalam hubungan percintaan, terutama pada pasangan yang telah menikah.

Istilah phubbing atau phone snubbing mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Phubbing adalah kebiasaan seseorang yang lebih fokus pada gadget, daripada mengobrol ketika bersama dengan seseorang. Phubbing tidak hanya terjadi ketika kita pergi bersama teman-teman, tetapi juga dalam hubungan percintaan.

Sebuah penelitian dari Baylor University, Texas, Amerika Serikat menemukan hampir 46,3% dari 308 peserta mengaku sering melakukan phubbing saat bersama pasangannya. Dari 36,6% merasa kebiasaan phubbing tersebut membuat pasangan merasa tidak diperhatikan dan hampir 22,6% menyatakan bahwa phubbing sebagai penyebab pertengkaran. Namun, dari hasil penelitian ini sebenarnya bukan karena ponsel, tetapi karena perasaan tidak diperhatikan atau tidak dipedulikan yang menjadi pemicu pertengkaran. Lebih buruknya, pasangan tidak berbicara sehingga kekesalan ini menumpuk dan akhirnya bisa ‘meledak’ dan menjadi pertengkaran yang hebat.

Melansir dari Patheos.com, banyak pasangan yang tidak hanya merasakan bahwa phubbing membuat ketidakpuasan dalam hubungan percintaan, tetapi juga menciptakan rasa depresi setiap saat. Hal ini juga banyak terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Padahal, sebagai pasangan yang telah menikah, kita seharusnya lebih peduli pada pasangan kita ketimbang gadget. Apalagi, dalam pernikahan, komunikasi antara pasangan sangat penting. Bila kehadiran ponsel bisa mengurangi percakapan saat bersama, tentu ini bisa mengurangi hubungan satu dengan yang lain. 

Efek dari phubbing ini juga bisa mengancam ‘kebutuhan dasar’ dalam sebuah hubungan percintaan, antara lain kepemilikan, harga diri ,keberadaan, dan kendali yang bermakna. Phubbing bisa membuat seseorang memendam rasa dikucilkan dan diasingkan.

Melansir dari Time.com, para peneliti mengatakan bahwa inilah yang bisa memengaruhi hubungan pecintaaan, sepeti mengalami depresi dan kepuasan dalam pernikahan yang rendah. Hal ini terjadi karena ketika pasangan lebih fokus pada ponsel ketimbang pasangannya, dia akan merasa bahwa ponsel tersebut lebih penting. Tentunya, phubbing bisa melukai dan berefek buruk untuk pasangan.

Untuk itulah, para peneliti menyarankan agar kita mengurangi waktu bermain dengan ponsel, terutama saat sedang bersama dengan pasangan. Bila tidak, interaksi dan komunikasi dalam hubungan percintaan bisa terancam.

sumber image: 123RF

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail