Agar Tidak Berantem Dengan Pasangan Karena Uang, Kenali Tipe Orang Dalam Hal Menabung 
29 October 2018
Ketika menikah, mengatur keuangan merupakan tanggung jawab bersama, baik dengan Anda dan juga pasangan. Apalagi, tingkat perceraian terbesar terjadi karena masalah finansial. N ...

Ketika menikah, mengatur keuangan merupakan tanggung jawab bersama, baik dengan Anda dan juga pasangan. Apalagi, tingkat perceraian terbesar terjadi karena masalah finansial. Nah, sebelum hal tersebut terjadi, Anda dan pasangan perlu sama-sama saling mengenal cara untuk mengatur keuangan. Ada dua tipe orang dalam hal menabung yaitu tipe suka menabung (saver) dan orang yang suka menghabiskan uang (spender).


Baca juga: 

4 Trik Mengatur Keuangan Keluarga


Orang yang suka menabung, mereka suka untuk mentransfer uang ke tabungannya. Sementara para spender, justru lebih senang membeli barang-barang untuk masa depan. Tidak heran bila si tipe spender akan memiliki jumlah utang yang terus bertambah karena memebeli sesuatu.

Dalam rumah tangga, bisa jadi Anda dan suami termasuk salah satu dari tipe ini. Akhirnya, perdebatan soal finansial pun bisa terjadi. Sebuah studi menemukan bahwa pasangan yang beradu soal finansial pada awal hubungan bisa bercerai. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan komunikasi secara terbuka sejak memasuki pernikahan.

Pakar keuangan mengatakan bahwa kita harus memiliki dana darurat minimal sejumlah 3-6 bulan gaji atau 6-12 bulan dari total pengeluaran. Dana darurat ini penting untuk kejadian tidak terduga di masa mendatang, seperti sewaktu-waktu berhenti bekerja, atau harus membiayai kebutuhan anak.

Bila Anda termasuk tipe orang yang suka menghabiskan uang, maka Anda harus belajar untuk menyisihkan secara rutin setidaknya 10% atau lebih dari gaji untuk dana pensiun. Selain itu, Anda juga harus berhenti untuk berutang dalam membeli sesuatu. Nah, supaya keuangan dalam rumah tangga bisa dijaga dengan baik, Anda bisa mengikuti beberapa tipsnya di artikel ini

Sumber image: pexels.com

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail