Ternyata, Ini Modal Buat Buka Kedai Kopi Kekinian
20 August 2019
Saat ini, mencari kedai kopi tidak lagi sulit. Di setiap sudut jalan, kita pasti bisa menemukan kedai kopi kekinian. Ya, memang kedai kopi saat ini sedang menjadi bisnis yang disukai oleh banyak orang, terutama kaum milenial. 

Saat ini, mencari kedai kopi tidak lagi sulit. Di setiap sudut jalan, kita pasti bisa menemukan kedai kopi kekinian. Ya, memang kedai kopi saat ini sedang menjadi bisnis yang disukai oleh banyak orang, terutama kaum milenial. Namun, harus ada beberapa hal yang perlu disiapkan bila Anda berniat membuka kedai kopi kekinian. Mulai dari framu mural menarik, investasi lampu, meja, kursi, sampai mesin kopi.

Melansir dari suara.com, Yoman Suweca, selaku Ketua Indonesian Barita Association (IBA) Bali, mengatakan, “Investasi terbesar adalah pada harga mesin-mesin seperti coffee grinder (mesin giling kopi), mesin espresso, french press (alat penghilang ampas kopi), milk streamer, dan kulkas, untuk menyimpan susu dan campuran bahan kopi lainnya (Chest freeze).”

Harga satu jenis mesin kopi bisa sekitar Rp35-50 juta, belum lagi jenis kopi premium, jenis kopi yang tumbuh di daerah tertentu. Untuk 1 kedai kopi membutuhkan 4 jenis mesin, jadi kira-kira investasi awal berkisar antara Rp100-150 juta. Belum lagi, Anda harus mempekerjakan 4-5 orang, termasuk barista dan waiter, dan juga sewa tempat, serta desain interior untuk tempat tersebut. Tentu, nilainya bisa mencapai di atas Rp700 juta. 

Namun, bila Anda tidak memiliki modal besar, Anda bisa membuka kedai kopi dengan sistem kemitraan atau franchise. Ada beberapa kedai kopi kekinian, dengan konsep coffee to go, yang memberikan peluang kemitraan, seperti Kulo, Kopi Tuku, Kopi Janji Jiwa, Nyopee, serta Kopi Kenangan. Nilai investasinya pun cukup terjangkau karena ada beberapa opsi yang ditawarkan. Misalnya, brand franchise lokal bernama Nyopee, memberikan beberapa paket yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 10 jutaan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuka kedai kopi juga?

sumber image: instagram.com/@kopijanjijiwa

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail