Tanpa Keluar Banyak Uang, Ini Cara Membuat Kamar Tidur Sempit Tampak Lebih Luas
11 June 2021
Tidak perlu keluar uang banyak-banyak untuk membuat kamar tidur sempit tampak luas. Cukup pakai cara berikut ini!

Pasti jadi cita-cita semua orang punya kamar tidur yang nyaman dan luas di rumah. Namun kenyataannya tidak semua orang bisa karena keterbatasan ruang dan tentu saja dana. Meski begitu, ada cara membuat kamar tidur sempit tampak lebih luas dengan mudah dan tanpa keluar banyak uang.

Beberapa desain interior memberikan tips dan trik untuk mendekorasi kamar tidur Anda sehingga terlihat nyaman dan luas, walau ukurannya kecil dan sempit, dan tanpa keluar banyak uang untuk membeli perabotan baru. Intip caranya di bawah ini!

1. Samakan warna cat
Menurut desainer interrior Justine Hand, pergerakan cahaya dan udara merupakan faktor penting untuk membuat kamar tidur kecil terlihat lebih besar. Jika Anda merasa terkurung oleh keempat dinding kamar tidur, buatlah garis tersebut menghilang dengan mengecat seluruh ruangan dengan warna yang sama, mulai dari dinding, lantai, dan langit-langit. Putih adalah warna terbaik.

2. Gunakan ranjang rendah
Anda tidak perlu beli ranjang mahal, yang malah makan tempat. Namun, jangan juga meletakkan kasur begitu saja di lantai. Anda bisa berinvestasi untuk membeli atau membuat sendiri ranjang yang ukurannya rendah, yang akan menyisakan lebih banyak ruang di bagian atas, membuat ruangan tampak lebih besar.

Sumber: Remodelista

3. Pilih sprei sederhana
Kamar tidur kecil bukanlah tempat untuk sprei tebal dan selimut berlapis serta banyak motif. Singkarkan itu dan ganti dengan sprei dan selimut dari kain tipis, seperti linen dan katun. Model ini akan membuat kamar tidur sempit tampak lebih luas dan terasa segar.

4. Singkirkan bantal berlebih
Tempat tidur minimalis adalah kunci untuk mempertahankan ilusi ruang, dan itu artinya Anda harus mengurangi jumlah bantal di tempat tidur. Cukup pakai bantal yang benar-benar Anda gunakan. Sisanya simpan atau taruh di kamar lain.

5. Jangan terlalu banyak barang
Supaya kamar tidur sempit tidak terlihat semakin sempit, pindahkan perabotan yang tidak Anda pakai ke gudang. Semakin minimalis dan sedikit perabotan di kamar tidur, maka akan semakin luas kelihatannya kamar Anda.

6. Perbanyak cermin
Setiap kamar tidur membutuhkan setidaknya satu cermin ukuran penuh sehingga Anda dapat melihat pakaian Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki, tetapi kamar tidur sempit bisa diisi dengan beberapa cermin. Cermin adalah salah satu cara termudah untuk menipu mata dan membuat kamar tidur sempit Anda terlihat lebih besar.

Sumber: HGTV

7. Jangan letakkan hiasan di tengah
Jika Anda mau menggantung foto atau lukisan seni di kamar, hindari meletakkannya di tengah-tengah tembok. Taruh agak sedikit ke atas sehingga menyisakan ruang kosong dari tengah ke bawah. Efek itu akan membuat ruangan kamar tidur Anda yang sempit kelihatan sangat luas.

Tidak perlu ruang besar untuk menciptakan kamar tidur yang indah dan estetik, kok. Ruangan kecil saja bisa disulap jadi kamar tidur yang nyaman, luas, dan bikin betah di rumah.

Cover: Remodelista

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail