Prioritas Hidup Selain Passion Yang Sebaiknya Diutamakan Kalau Ingin Sukses Di Masa Depan
13 July 2021
Agar bisa sukses di masa depan, ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi prioritas hidup kita. Ini dia beberapa di antaranya!

Passion adalah keinginan kuat yang mendorong seseorang untuk melakukan sesutu yang dirasa begitu penting baginya. Passion bukan sekadar hobi, karena diperlukan konsistensi untuk bertahan melakukannya saat berada dalam situasi yang tak nyaman. Passion memang salah satu kunci sukses, tetapi bukan hanya itu. Selain passion, ada baiknya kita punya sederet prioritas hidup ini kalau ingin sukses di masa depan!

1. Pendidikan
Kalau Anda meremehkan pendidikan karena melihat kesuksesan Mark Zuckerberg dan Steve Jobs yang tidak tamat universitas, buang jauh-jauh pemikiran yang salah kaprah ini. Rosiana Silalahi, dalam sebuah talkshow di tahun 2018 lalu pernah berkata, katanya, "Bukan di situ cara kita mengambil teladan dari mereka. Keteladan adalah waktu mereka nggak lulus, ketika guru-gurunya meremehkan atau ketika seseorang dipecat dari perusahaan, mereka punya keinginan yang luar biasa untuk berupaya lagi setelahnya,” tuturnya.

2. Tabungan
Ada banyak hal dalam hidup yang muncul mendadak. Kalau ini adalah hal buruk, kita bisa kelabakan kalau tak punya tabungan. Segera begitu Anda mendapat gaji dari pekerjaan pertama, wajib banget mulai latihan menabung di awal, bukan di akhir menunggu sisanya

3. Jejaring pertemanan
Siapa saja yang menjadi teman kita adalah salah satu bentuk investasi juga, lho. Ada teman yang benar-benar tulus menemani saat suka dan duka, ada juga teman yang cocok untuk diajak maju dalam hal bisnis atau pekerjaan. Rajin-rajin networking bisa membantu kita meraih sukses, nih!

4. Gaya hidup moderat
Boleh saja bersenang-senang dengan gaji bulanan yang kita dapatkan, asal jangan berlebihan. Gaya hidup moderat berarti Anda hemat di berbagai hal, sambil sesekali memberi self-reward yang bikin mental kita lebih terpacu untuk terus maju dan progresif dalam hidup.

5. Pengembangan diri
Apapun tujuan hidup Anda, memprioritaskan pengembangan diri selalu menjadi investasi yang menguntungkan untuk masa depan. Selain keterampilan yang bermanfaat praktis seperti belajar bahasa asing atau memasak, melatih diri agar bisa menerima perbedaan dan punya mindset yang tidak mudah iri pada orang lain juga termasuk dalam pengembangan diri, lho.

6. Kesehatan
Banyak hal sulit menjadi lebih mudah dilakukan saat kondisi tubuh kita sehat dan bugar. Karena itu, sebaiknya Anda jangan sampai meremehkan kondisi kesehatan meski punya passion pada pekerjaan Anda. Beri tubuh istirahat dan relaksasi untuk pikiran, agar mental kita bisa lebih tangguh menghadapi berbagai tantangan.

7. Integritas
Ada kalanya kita berada di situasi sulit yang harus mengorbankan suatu hal demi tujuan yang lebih besar. Namun kalau ini berhubungan dengan integritas Anda dalam hal profesionalitas, sebaiknya hindari melakukan pilihan tersebut. Misalnya berbohong karena perintah atasan, atau berbohong agar pekerjaan Anda lebih ringan. Akibatnya bukan hanya PHK saja, lho, tapi juga reputasi dan integritas kita di dunia profesional yang jadi taruhannya.

Nah, itulah sederet prioritas yang sebaiknya kita utamakan dalam hidup kalau ingin meraih sukses di masa depan. Passion memang penting, tetapi jangan stres, ya, kalau saat ini belum menemukan passion Anda!

Cover: Pexels

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail