Perempuan Kurang Percaya Diri Melamar Pekerjaan Dibandingkan Lelaki
30 March 2017
Penelitian menunjukkan jika perempuan kurang percaya diri dibandingkan lelaki saat melamar

Penelitian menunjukkan jika perempuan kurang percaya diri dibandingkan lelaki saat melamar pekerjaan. Penelitian Hewlett Packard tersebut menunjukkan, jika tidak memenuhi kualifikasi pekerjaan 100% maka perempuan urung melamar suatu pekerjaan. Hasil ini berbeda dengan lelaki yang akan langsung melamar pekerjaan jika memenuhi kualifikasi 60% saja. 

Banyak pengamat menyatakan jika hasil ini menjelaskan perbedaan perempuan dan lelaki dalam menghadapi karier. Laki-laki lebih gampang menghadapi kegagalan, sehingga ia tidak ragu melamar pekerjaan meskipun tidak memiliki kualifikasi yang diinginkan. Sementara perempuan mempunyai ketakutan akan kegagalan.

Menurut Tara Sophia Mohr, pengarang buku Playing Big: Find Your Voice, Your Mission, Your Message, keputusan untuk tidak melamar pekerjaan karena perempuan tidak mau membuang-buang waktu jika akhirnya akan gagal. Pendapat tersebut bukan tanpa dasar. Ia telah melakukan survei kepada 1000 perempuan dan lelaki, demi menemukan jawaban tersebut.

“Saya rasa ada hal lebih besar di balik rasa percaya diri, ternyata selain ragu-ragu perempuan juga takut menghadapi kegagalan. Banyak perempuan yang saya wawancara mengatakan, mereka menolak menghadapi wawancara kerja yang melelahkan jika pada akhirnya hanya akan gagal,” jelas Mohr.

Di sisi lain, lelaki lebih mempunyai sikap santai saat melamar pekerjaan. Mayoritas lelaki dalam survei Mohr berpendapat, jika mereka merasa bisa melakukan pekerjaan yang ditawarkan, buat apa mereka menyibukkan diri dengan masalah kualifikasi. Toh, pada wawancara kerja para lelaki tersebut bisa menyakinkan HRD, kalau mereka sesuai untuk posisi tersebut. 

Cara pandang yang berbeda antara perempuan dan lelaki ini pada akhirnya akan merugikan perempuan. Mereka kehilangan kesempatan mendapatkan posisi bagus karena merasa takut gagal. Oleh karena itu, Mohr menyarankan agar perempuan lebih berani mengambil risiko kegagalan. Jangan ragu saat Anda melihat lowongan pekerjaan yang menarik tapi merasa kualifikasi kurang, just go for it!

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail