Meski Tidak Kaya Raya, Hidup Juga Bisa Berkelimpahan Dengan Memiliki 4 Hal Ini
17 August 2021
Tidak perlu berkecil hati dan merasa minder juga bila Anda belum berstatus kaya raya dengan uang melimpah di dalam rekening. Meski tidak kaya raya, hidup Anda bisa tetap berkelimpahan asal memiliki 4 hal ini. Apa saja?

Seringnya orang menilai kesuksesan hidup berdasarkan jumlah materi yang dimiliki. Tidak sepenuhnya salah memang, tetapi tidak perlu berkecil hati dan merasa minder juga bila Anda belum berstatus kaya raya dengan uang melimpah di dalam rekening. Meski tidak kaya raya, hidup Anda bisa tetap berkelimpahan asal memiliki 4 hal ini. Apa saja?

1. Punya orang-orang tersayang di sekeliling Anda

Punya lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang suporitf, positif, dan sefrekuensi itu adlaah sebuah kemewahan! Punya teman, keluarga, pasangan, dan kolega di kantor, yang menerimamu apa adanya, nggak ragu menolong, mencintai dan Anda cintai, bisa saling terbuka, dan bisa berkomunikasi dengan baik, serta mereka yang menjadikan Anda jadi orang yang lebih baik. Terdengar klise, tetapi orang-orang ini adalah harta penting yang tidak ternilai.

2. Sehat jasmani dan rohani

Kesehatan itu mahal harganya, maka punya kesehatan fisik dan psikis yang prima membuat Anda bisa menikmati hidup yang lebih senang dan tenang. Sebanyak  apa pun uang yang Anda punya, tentu tidak nikmat rasanya bila kesehatan Anda tidak baik.

3. Merasa cukup dengan diri sendiri

Seringkali, kita merasa tidak cukup (tidak cukup baik, tidak cukup cantik, tidak cukup sukses, tidak cukup kaya, tidak cukup populer) karena kita terus menerus membandingkan diri dengan orang lain dan berusaha menjadi orang lain yang kita anggap lebih baik. Pikiran dan keinginan seperti ini tentu  membuat Anda tidak akan akan pernah merasa puas dengan diri sendiri. Padahal seringnya, semua yang Anda butuhkan, ada di dalam diri Anda sendiri.

Luangkan waktu bersama diri sendiri, kenali apa keinginanmu, apa saja yang sudah dicapai, dan apa yang akan kamu ingin lakukan selanjutnya. Maafkan, cintai, dan berterima kasihlah kepada diri sendiri, karena Anda cukup, jangan pernah lupakan ini.

4. Menikmati pekerjaan dan waktu luang Anda

Meskipun mungkin bukan CEO atau pengusaha sukses, mungkin juga tidak berada di pekerjaan sesuai passion, tetapi selama Anda senang menjalani hari-hari, tetap bisa belajar, dan berkembang di pekerjaan, juga tidak kekurangan secara materi untuk mencukup kebutuhan hidup Anda, ini adalah hal yang patut disyukuri.

Kemudian lihat lagi hidup Anda saat ini, apakah Anda memiliki work-life balance yang baik? Bila Anda punya waktu kerja waktu istirahat, dan waktu luang yang jelas sehingga tetap bisa melakukan hal-hal yang disukai, hidup Anda sudah tergolong kaya dan cukup.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail