Menurut Ahli, Ini Cara Mencuci Handuk yang Benar Agar Bersih Sempurna
20 July 2021
Mencuci handuk juga ternyata tidak bisa sembarangan. Menurut Mary Johnson, ilmuwan utama Tide & Downy, berikut ini adalah cara mencuci handuk dengan benar agar bersih sempurna.

Meskipun terkesan bersih—karena digunakan setelah mandi atau membersihkan diri, tetapi handuk sebenarnya bisa menjadi sarang ragi, jamur, dan E. coli. Apalagi jika Anda tidak menjemur atau mengeringkan handuk dengan benar setelah selesai digunakan dan tidak sering mencucinya.

Nah, mencuci handuk juga ternyata tidak bisa sembarangan. Menurut Mary Johnson, ilmuwan utama Tide & Downy, berikut ini adalah cara mencuci handuk dengan benar agar bersih sempurna.

Bahan pembersih yang dibutuhkan:

  • Deterjen
  • Pemutih atau pemutih aman untuk warna atau natrium perkarbonat
  • Pelembut kain atau cuka putih
  • Bubuk soda kue
  • Bola cucian wol
  • Minyak esensial (opsional)

Langkah mencuci handuk yang benar:

  1. Mulailah dengan memisahkan handuk, lalu cuci handuk putih secara terpisah dari handuk warna-warni. Mencuci mereka bersama-sama akan menyebabkan perubahan warna halus dari waktu ke waktu.
  2. Cuci handuk putih menggunakan air panas, deterjen, dan pemutih non-klorin atau pencerah kain alami, seperti natrium perkarbonat, sesuai dengan petunjuk kemasannya. Handuk putih tetap lebih cerah saat dicuci dengan air panas. Cuci handuk warna-warni dengan air hangat, gunakan deterjen dengan pemutih yang aman untuk warna.
  3. Untuk melembutkan handuk, Anda dapat menggunakan pelembut kain, tetapi hanya menambahkannya ke setiap pencucian ketiga atau keempat untuk mencegah penumpukan. Jika Anda lebih suka alternatif yang lebih alami, tambahkan satu cangkir cuka putih.
  4. Jika ingin menghilangkan bau apek, cuci handuk dengan satu cangkir soda kue tanpa deterjen, lalu cuci kembali handuk dengan deterjen.
  5. Setelah dicuci, kocok dan letakkan handuk Anda ke dalam pengering dengan menambahkan bola wol (bola tenis bersih juga bisa digunakan). Jika Anda ingin memberikan aroma ringan, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pada bola wol. Bola wol adalah alternatif alami untuk membuat handuk mengembang dan membantunya kering lebih cepat.
  6. Pastikan handuk benar-benar kering sebelum mengeluarkannya dari pengering. Handuk membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering daripada pakaian dan bahkan sedikit kelembapan yang tersisa dapat menyebabkan bau. Setelah itu, handuk bersih Anda bisa digunakan kembali.

Cover: Freepik

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail