Lakukan Ini Jika Anda Malas Harus Sering Ganti Handuk Mandi
02 June 2021
Bagian yang paling malas dari sering mengganti handuk mandi adalah harus mencucinya hingga bersih. Namun, jika Anda malas (atau terlalu sibuk) untuk sering mengganti handuk mandi, maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah hal ini.

Bagian yang paling malas dari sering mengganti handuk mandi adalah harus mencucinya hingga bersih. Beda dengan mencuci pakaian, mencuci handuk yang bentuknya lebih besar membutuhkan tenaga yang lebih besar. Jadi, daripada harus sering mencuci handuk, Anda jadi malas menggantinya.

Ini sebaiknya tidak Anda lakukan karena setiap kali mengeringkan tubuh, Anda memindahkan mikroba ke handuk, bersama dengan kelembapan dari air pada kulit dan sel kulit mati, kata Scott Meschke, Ph.D., seorang ahli mikrobiologi lingkungan. Jadi, jika handuk tetap lembap dan mengandung sel-sel kulit Anda, maka mikroba ini dapat berkoloni, yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti folikulitis yang terlihat mirip dengan jerawat.

Jika Anda berbagi handuk mandi dengan pasangan, handuk mandi akan mengandung lebih banyak kelembapan dan partikel kulit, yang berarti Anda berpotensi memiliki lebih banyak bakteri, virus, dan pertumbuhan jamur.

Jadi, seberapa sering Anda harus mengganti handuk? Tidak ada penelitian berskala besar yang secara khusus menjawab pertanyaan ini. Namun,Scott merekomendasikan untuk mengganti handuk sekitar sekali seminggu untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme yang berlebihan. “Jika Anda memiliki handuk yang mulai berbau, bau itu mungkin disebabkan oleh organisme yang mulai tumbuh,” katanya.

Namun, jika Anda malas (atau terlalu sibuk) untuk sering mengganti handuk mandi, maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membiarkan handuk benar-benar kering sebelum digunakan kembali karena jika tidak, maka kelembapan akan memungkinkan mikroorganisme tumbuh di handuk.

“Anda dapat melakukannya [mengeringkan] dengan merentangkan handuk di luar kamar mandi sehingga jauh dari kelembapan agar lebih kering. Anda juga bisa memasukkan handuk ke pengering setiap selesai digunakan agar benar-benar kering,” saran Scott.

Jika cara di atas dirasa masih sulit juga dilakukan, mungkin Anda bisa memiliki lebih banyak handuk mandi sehingga bisa sering menggantinya untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme yang bisa menimbulkan masalah kulit di tubuh Anda.

Cover: Reader’s Digest

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail