Ketika Si Kecil Meniru Anda Berdandan
09 September 2016
Anak-anak paling jago meniru apa yang mereka lihat, terutama meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Misalnya dalam hal berdandan, memakai sepatu high heels atau ingin berpenampilan sepert ...

Anak-anak paling jago meniru apa yang mereka lihat, terutama meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Misalnya dalam hal berdandan, memakai sepatu high heels atau ingin berpenampilan seperti Anda. Mungkin Anda spontan akan mengeluarkan kalimat seperti ini,
“Jangan dimainin! Itu harganya mahal, nanti rusak,” atau berpura-pura memelas kepada anak yang sudah memainkan kosmetik dan sepatu Anda, “Kembalikan dong, sayang. Nanti mama tidak cantik lagi,”sambil berpura-pura menangis.

Berikut 3 hal yang membuat si kecil ingin seperti Anda:

Terbiasa memerhatikan lingkungan

Saat Anda menghabiskan waktu untuk berdandan, memoleskan lipstik ke bibir, menggunakan bedak, atau saat menyapukan maskara ke bulu mata, mungkin saja si kecil memerhatikan kegiatan ini dan menirunya setiap ada kesempatan. 

Rasa ingin tahu 

Karena si kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka merespons apa yang sudah dilihatnya. Mereka tertarik terhadap benda-benda di sekitarnya, terutama saat Anda selalu berdandan di depan mereka. Anak jadi penasaran dan mulai membuka-buka kosmetik atau menggunakan sepatu high heels Anda dan berjalan walaupun harus menyeret-nyeret sepatu yang kebesaran.

Mulai bereksperimen

Benda-benda yang dilihat menimbulkan rasa ingin tahu yang besar dan mendorong si kecil mulai bereksperimen. Alat makeup, tas, dan sepatu Anda adalah hal yang cukup baru bagi mereka. Maka timbulkan sebuah eksperimen 'ajaib' yang dilakukan si kecil.

Nah, bagaimana Anda harus menyikapinya?

Jangan buru-buru memarahinya

Tarik napas dan tenangkan diri. Jangan langsung merebut barang yang dipegangnya dan memarahinya karena si kecil akan kaget dan membuatnya bingung. Memarahi bisa membuatnya trauma dan menghambat keinginannya dalam bereksplorasi.

Berikan pengertian kegunaan berdandan

Jelaskan kepada anak bahwa fungsi berdandan adalah untuk membuat penampilan semakin rapi saat akan berangkat kerja atau saat akan menghadiri sebuah acara. Katakan pada si kecil bahwa Anda tidak berdandan ketika berada di rumah.

Izinkan sesekali

Sekali-sekali, tidak ada salahnya memberikan kesempatan si kecil untuk mengeksplorasi dalam berdandan. Tentu dengan menggunakan peralatan yang aman untuk mereka dan dengan pendampingan Anda. Sebagai orang tua, Anda juga bisa memberikan kebebasan bagi mereka untuk memilih pakaian sesuai dengan yang diinginkannya. Namun bila si kecil berdandan terlalu berlebihan, arahkan dan berikan contoh sembari mengatakan bahwa anak seusianya lebih cantik bila berpakaianseperti ini (sambil menunjukkan contoh pakaian untuk anak-anak). Jelaskan bahwa usianya belum pantas berdandan seperti orang dewasa.

Alihkan perhatian

Anda bisa mengajaknya bermain di luar rumah untuk mengalihkan perhatiannya atau bisa juga dengan memberinya mainan lain yang menarik minat si kecil.

Memindahakan peralatan makeup ke tempat yang lebih aman

Peralatan makeup yang diletakkan di meja rias mungkin mudah dijangkau anak-anak. Simpan peralatan makeup dalam laci terkunci atau pindahkan ke tempat yang aman dan sulit dijangkau olehnya. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas berdandan di hadapan anak. 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail