Kesalahan Saat Memasak yang Mungkin Masih Sering Anda Lakukan
17 August 2021
Jika Anda bukan seorang lulusan sekolah kuliner, Anda mungkin belajar memasak dari orang tua, saudara, teman, atau bahkan video-video di YouTube. Sayangnya, belajar dari sana tidak akan memberikan Anda pengetahuan yang sangat luas tentang memasak. Itulah mengapa, Anda sangat mungkin masih melakukan 8 kesalahan saat memasak, seperti di bawah ini.

Jika Anda bukan seorang lulusan sekolah kuliner, Anda mungkin belajar memasak dari orang tua, saudara, teman, atau bahkan video-video di YouTube. Namun, meski sudah sering memasak, Anda sangat mungkin masih melakukan 8 kesalahan saat memasak, seperti di bawah ini.

Tidak memanaskan alat masak sebelumnya

Saat lapar, memanaskan alat masak terlebih dahulu mungkin tampak seperti membuang-buang waktu. Namun, ini sangat perlu dilakukan. Wajan atau oven yang belum dipanaskan dengan benar dapat menyebabkan makanan Anda matang tidak merata atau bahkan gosong. Menambahkan makanan ke panggangan yang dipanaskan dengan tidak benar dapat menyebabkannya menjadi lengket dan akhirnya terbakar.

Terlalu banyak bahan di satu wajan

Terkadang, memasak membutuhkan sedikit kesabaran. Mungkin lebih cepat untuk mengisi wajan Anda dengan berbagai bahan, tetapi melakukan itu sebenarnya dapat memperlambat waktu memasak Anda dan membuat masakan terlalu matang. Saat menumis, mengisi wajan terlalu penuh akan menyebabkan makanan tidak renyah seperti yang diinginkan. Hal yang sama berlaku untuk memasak daging. Memasukkan terlalu banyak daging ke dalam wajan akan menurunkan suhu wajan terlalu cepat, yang dapat menyebabkannya lengket dan gosong. Memasak sedikit-sedikit akan membuat makanan Anda jauh lebih baik.

Tidak mendiamkan daging setelah matang

Jangan langsung memakan daging yang baru selesai dimasak. Diamkan daging beristirahat sebelum dipotong agar cairan tetap berada di dalamnya dan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika dipotong terlalu cepat, cairan daging akan habis di talenan. Diamkan potongan daging yang lebih kecil selama 5-10 menit atau lebih, sedangkan untuk daging panggang yang lebih besar diamkan hingga 20 menit.

Pakai api besar untuk peralatan masak anti-lengket

Kecilkan api saat menggunakan wajan atau panci anti-lengket. Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan lapisan anti-lengket melepaskan PFC (perfluorokarbon) dalam bentuk asap. Cari tahu berapa suhu yang direkomendasikan untuk alat masak tersebut. Lalu, jangan juga menggunakan menghindari peralatan logam dengan peralatan masak antilengket Anda. Jika secara tidak sengaja permukaannya tergores, Anda dapat menelan PFC yang berbahaya. Gunakan peralatan kayu atau karet tahan panas saat menggunakan alat masak anti-lengket.

Masak makanan asam di alat masak aluminium

Aluminium sering digunakan dalam peralatan masak karena merupakan konduktor panas yang hebat, tetapi tidak begitu baik untuk beberapa makanan. Memasak atau menyimpan makanan yang asam dalam panci reaktif, seperti aluminium dan cast-iron, dapat menggerogoti logam dan memberikan warna dan/atau rasa tidak enak pada makanan. Gunakan panci nonreaktif, seperti bahan stainless steel,  enamel-coated, atau kaca, saat memasak makanan asam yang mengandung jus lemon atau tomat untuk mencegah makanan bereaksi dengan alat masak.

Cover: Weight Loss

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail