Kebiasaan Sepele Ini Yang Membuat Rencana Menabung Tak Kunjung Terwujud!
24 June 2021
Tinggalkan kebiasaan sepele yang bikin gagal menabung ini kalau ingin segera kaya di usia muda!

Menabung menjadi hal yang tak mungkin dalam beberapa kondisi. Misalnya jika kita tulang punggung keluarga dan menjadi sandwich generation yang bertanggung jawab menanggung orang tua dan anak-anak kita sendiri. Namun jika Anda tidak menghadapi masalah ini tetapi sulit menabung, bisa jadi beberapa kebiasaan ini yang masih Anda lakukan.

1. Menunggu kenaikan gaji
Sebagian orang menganggap gajinya terlalu kecil untuk disisihkan sebagian demi dana cadangan. Kenyataannya, selama Anda menghidupi diri sendiri, menabung Rp1000-Rp5000 dalam sehari atau bahkan seminggu itu bukan hal yang mustahil, lho.

2. Mementingkan gaya hidup
Berapa pun penghasilan kita, kalau mementingkan hidup enak tanpa lebih dulu membangun dana darurat, tentu jadi sulit menabung. Contohnya memilih jajan boba drink atau es kopi susu di kafe ketimbang menabung rutin setiap minggunya.

3. Mendahulukan kesenangan sesaat
Ada kalanya kita dirundung bad mood atau kesedihan. Di saat seperti ini, mentraktir diri sendiri tentu bisa dilakukan untuk menaikkan mood kita. Namun sebenarnya ini hanya kesenangan sesaat yang tidak boleh sering-sering dilakukan. Bagaimana pun kita harus berusaha mengendalikan perasaan tanpa selalu melibatkan uang sebagai penyelesaiannya.

4. Membeli sesuatu yang bukan kebutuhan
Biaya yang termasuk kebutuhan adalah makanan, transportasi rutin, sewa rumah, tagihan listrik dan internet. Belanja baju, makeup, atau sepatu jika Anda masih punya yang lain untuk dipakai artinya ini tidak termasuk kebutuhan, ya.

5. Menunggu sisa pendapatan
Kebiasaan lain yang paling sering terjadi adalah menunggu sisa di akhir bulan untuk menabung. Idealnya, menabung itu di bayar di muka. Artinya, harus disishkan sejak awal gajian seperti halnya kita menyisihkan uang untuk membayar tagihan.

6. Tidak sabaran
Banyak orang yang tidak sabar menunggu saldo tabungan bertambah, sehingga ketika jumlahnya masih sedikit atau baru memulai, mereka sudah mengambilnya kembali. Menabung bukan hal instan, perlu disiplin dan dilakukan teratur, baru hasilnya bisa kita panen di kemudian hari.

7. Tak kunjung memulai
Kalau tak kunjung memulai, tentu rencana menabung lama-lama menjadi wacana forever. Mulai dulu saja sedikit demi sedikit, tetapi rutin. Anda juga bisa mulai menabung demi membeli barang idaman. Jadi tidak langsung membelinya begitu gajian. Proses menunggu akan melatih kesabaran Anda dan membuat Anda lebih menghargai uang yang Anda hasilkan. 

Kalau Anda, termasuk orang yang susah menabung apa tidak, nih?

Cover: Unsplash

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail