Jalan-jalan ke Makassar? Ini 5 Makanan yang Wajib Dicoba!
27 July 2017
Makassar memiliki banyak makanan khas yang enak. Tapi lima berikut adalah ya ...

Makassar memiliki banyak makanan khas yang enak. Tapi lima berikut adalah yang wajib dicoba ketika berkunjung ke ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan ini.
 
1. Ayam Goreng Sulawesi
Makanan yang menggunakan ayam lokal atau kampung ini memiliki rasa yang manis. Namun jangan takut enek karena rasa manisnya tidak berlebihan. Rasa manis ini menyatu dengan paduan sambal yang dikucuri jeruk nipis. Alhasil menimbulkan cita rasa manis, pedas sekaligus segar. Saking enaknya, ayam goreng yang saya makan di Rumah Makan AGS (Jl. Sultan Hasanuddin No. 17) pada siang hari, malam harinya saya makan lagi ayam goreng Sulawesi di Rumah Makan Sulawesi Baru (Jl. Pattimura No. 2). Rasanya sama-sama enak!

Ayam Goreng Sulawesi

2. Konro
Saat makan di Rumah Makan Sop Konro Karebosi (Jl. Gunung Lompobattang No. 41-43), saya diberikan dua pilihan konro, yaitu Konro Bakar atau Sop Konro. Keduanya sama-sama terbuat dari Iga Sapi. Bedanya tentu yang satu dibakar dan dilumuri bumbu kacang sedangkan yang satu laginya disajikan dalam kuah sop. Kedua makanan ini sama enaknya. Sama-sama memiliki daging yang lembut sehingga tidak membuat gigi bekerja terlalu keras. 

 

Konro

3. Coto Makassar
Kumpulan rempah yang dipadu dengan kacang tanah membuat kuah coto (atau soto dalam Bahasa Indonesia) ini kaya akan rasa. Saya sempat makan coto dengan ketupat di Rumah Makan Aroma Coto Gagak (J. Gagak No. 27). Waktu itu yang saya pesan adalah coto yang isinya jeroan sapi. Selain jeroan, mereka menyediakan juga khusus dagingnya saja. Sebagai orang yang bukan penggemar soto, saya harus bilang saya menikmati makanan ini. 

Coto Makassar

4. Pallu Basa
Sebenarnya makanan ini mirip dengan coto, isinya jeroan atau daging sapi. Bedanya ada pada kuahnya. Warnanya lebih terang dibandingkan dengan kuah coto. Lalu, ada semacam serundeng (kelapa) yang ditabur di atasnya. Saya sempat mencoba pallu basa di Rumah Makan Pallu Basa Serigala (Jl. Serigala No. 54) dan memesan menu campur (isinya jeroan sapi dan telur setengah matang). Rasanya? Tidak terlalu beda dengan coto.

Pallu Basa5. Seafood
Sebagai kota di tepi laut, kesegaran seafood di kota ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Rumah makan seafood juga tersebar di mana-mana. Nah, dari sekian banyak rumah makan yang ada, saya sempat makan di Rumah Makan Lae-lae (Jl. Datu Museng No. 8). Menu yang dicoba adalah ikan baronang bakar rica-rica, udang goreng tepung dan cumi bakar. Saya suka dengan ikan baronang bakar rica-ricanya. Segar dan enak! Udang goreng tepungnya juga lezat. Untuk sambalnya mereka menyediakan tiga sambal yang beda, yaitu sambal rica-rica, sambal pedas asin dan sambal pedas manis.

seafood

Foto: Yani Lauwoie

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail